nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chef Martin Praja: Generasi Soda Tergerus Penikmat Kopi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 16:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 14 298 2116695 chef-martin-praja-generasi-soda-tergerus-penikmat-kopi-ByHefQ8nWK.jpeg Chef Martin Praja (Foto: M. Sukardi/Okezone)

Hilangnya soda dalam menu minuman di restoran fast food menjadi pertanda, generasi soda mulai lenyap dan digantikan penikmat kopi. Hal ini terjadi bisa karena banyak hal, salah satunya diduga kesadaran akan asupan makanan sehat.

Hilangnya soda dalam daftar minuman di restoran fast food disadari Chef Martin Praja. Menurutnya, itu karena penikmat kopi semakin banyak dan karena itu, minuman soda mulai ditinggalkan. Masyarakat sekarang mencari sumber minuman manis bukan lagi dari soda.

 Minuman di meja

"Mungkin dulu semua minum soda dan dicekokin soda terus. Sekarang bergesar ke arah minuman sehat atau juga kopi. Makanya, minuman soda mulai ditinggalkan," papar Chef Martin saat ditemui Okezone di Almond Zuchinni Jakarta, Senin (14/10/2019).

Tidak hanya soda, teh juga mulai tergusur popularitasnya oleh kopi. Di tahun lalu mungkin semua minum teh, tapi sekarang ini kebanyakan masyarakat kita minum kopi. Bahkan, kopi ini dianggap Chef Martin sebagai minuman wajib setiap hari dan karena itu tren menurutnya minum kopi masih bakal 'hype' sampai 2021.

 Pria berbaju stripes

Hal ini juga dapat dilihat dari kedai kopi yang semakin menjamur di banyak kota, tidak hanya kota besar melainkan kota-kota lainnya di Indonesia. Kopi sekarang seperti menu yang harus ada di pagi hari dan Chef Martin merasakannya langsung.

"Dari zaman Starb**ks sampai kopi kekinian, saya ikutin trennya dan benar saja kopi sekarang semakin punya tempat di hati masyarakat," paparnya.

Di sisi lain, Chef Martin yang juga Owner dari Monarchy House Bogor, Jawa Bogor, itu membenarkan kalau konsumsi soda mulai berkurang karena kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin tinggi. Mereka semakin sadar, gula yang dikandung soda sangat tinggi dan itu bisa memengaruhi kesehatan tubuhnya.

 Pria berbaju stripes

"Kita tahu soda itu tinggi gula dan karena itu minuman soda semakin tidak dilirik. Meski masih ada yang mengonsumsinya, tapi jumlahnya pasti lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat mulai mencari sumber gula dalam minuman bukan dari soda, tapi dari minuman sehat atau kopi," tambahnya.

Sementara itu, meski kopi dianggap Chef Martin sebagai minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat sekarang, konsumsi dengan jumlah yang tepat tetap harus diperhatikan. Jangan kemudian kebanyakan minum kopi juga karena jika terlalu banyak, malah mendatangkan bahaya.

"Kalau saya pribadi, nyaraninnya sih sehari satu cup sudah cukup di pagi hari. Terus, saya nggak minum kopi saat weekend, kan kopi biasanya dipakai untuk naikin mood bekerja. Weekend waktunya santai, jadi nggak minum kopi," tutup Chef Martin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini