nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhatan Zaskia Mecca yang Sebagian Besar Keluarganya Idap Penyakit Asma

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 20:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 14 481 2116741 curhatan-zaskia-mecca-yang-sebagian-besar-keluarganya-idap-penyakit-asma-BQIePdEVTc.jpg Keluarga Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo (Foto: zaskyadyamecca/Instagram)

Asma menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah keluarga Zaskia Mecca. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa tiga dari empat anaknya mengidap penyakit yang masuk dalam ketegori Penyakit Tidak Menular (PTM).

Tak hanya ketiga anaknya, Suami Zaskia Mecca, Hanung Bramantyo juga mengalami asma, berikut juga sang adik yang bernama Haykal Kamil. Bisa dibilang sejumlah orang tercinta yang ada di sekeliling Zaskia mengidap penyakit serius tersebut.

 Keluarga artis

Meski banyak orang tercintanya yang mengalami asma, namun awalnya Zaskia tidak paham dengan gejala yang dialami oleh sang anak. Ia pun sempat panik dengan kondisi yang dialami sang anak karena terlihat cukup mengerikan.

“Tiga dari empat anak saya mengalami asma. Suami dan adik saya juga asma. Awalnya saya enggak paham dia kena asma, gejala awalnya batuk dan pilek bisa lebih dari seminggu dan terus berulang sampai sebulan lebih,” terang Zaskia Mecca dalam acara Healthy Lung, Senin (14/10/2019).

Zaskia pun menceritakan pada saat itu sang anak mengalami sesak napas. Saking sesaknya hingga rongga dada buah hatinya terlihat masuk dengan dalam. Selain itu terdapat tanda lain dengan bunyi yang dikeluarkan saat bernapas.

 Perempuan berhijab

“Bentuk tarikan di rongga dada kalau sedang sesak sampai dalam banget dan kalau buang napas ada bunyi seperti ngik, ngik, ngik. Dari situ saya mencari tahu hingga paham cara mengasuh anak yang kena asma,” sambungnya.

Lebih lanjut Zaskia mengatakan bahwa asma bermula dari sebuah alergi. Oleh sebab itu cara yang cukup efektif untuk menanggulanginya adalah dengan melakukan pemeriksaan alergi dengan metode cek darah.

“Asma berawal dari alergi. Cara yang baik untuk dilakukan adalah melakukan pengecekan dengan diambil darahnya. Darah tersebut akan diperiksa dan seseorang bisa mendapatkan hasilnya setelah menunggu dua sampai tiga hari,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini