nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhat Zaskia Mecca 3 Anaknya Kena Asma, Cuma 2 Dokter yang Bisa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 18:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 14 481 2116787 curhat-zaskia-mecca-3-anaknya-kena-asma-cuma-2-dokter-yang-bisa-OXmiL31M8C.jpg Zaskia Mecca dan anak-anaknya. (Foto: Instagram)

TIGA dari empat buah hati artis cantik Zaskia Adya Mecca ternyata mengidap penyakit asma. Meski sama-sama mengidap asma, namun obat yang dikonsumsi oleh para penderita berbeda satu dengan yang lainnya.

Sekadar informasi penyakit asma bukan hanya dialami oleh tiga anak Zaskia. Sang suami, Hanung Bramantyo dan adiknya, Haykal Kamil juga memiliki riwayat penyakit yang masuk dalam kategori Penyakit Tidak Menular (PTM) tersebut.

Zaskia pun memiliki suka duka dalam ketiga merawat anaknya yang menderita asma. Ia pun menceritakan sedikit kesulitannya dalam mencari dokter yang tepat untuk menangani penyakit sang buah hati.

Haykal Kamil juga memiliki riwayat penyakit yang masuk dalam kategori Penyakit Tidak Menular (PTM) tersebut.

"Dua dari anak saya mengalami asma berat. Dari seluruh dokter paru dan asma hanya ada dua orang yang cocok yakni dr. Nastiti dan dr. Munung. Sekarang mereka sudah tidak praktek, malah salah satu dari mereka ada yang terkena parkinson,” terang Zaskia dalam acara Healthy Lung, Senin (14/10/2019).

Ibu empat orang anak ingin mengatakan, seluruh obat asma yang diberikan oleh dokter berupa racikan. Alhasil, takaran dan bahan obat yang diresepkan setiap dokter pun berbeda satu sama lainnya.

“Semua obat asma berupa racikan. Isinya terdiri dari banyak macam obat dan dosisnya berbeda-beda sesuai dengan tingkat keparahan seseorang. Oleh sebab itu dokter yang menangani penderita asma pun cocok-cocokan,” sambungnya.

Lebih lanjut Zaskia menjelaskan, saat ini buah hatinya pun sudah semakin jarang terserang asma. Hal dini disebabkan dengan bertambahnya usia dan meningkatnya sistem imunitas tubuh yang menangkal terserangnya asma.

Lebih lanjut Zaskia menjelaskan, saat ini buah hatinya pun sudah semakin jarang terserang asma

“Anak harus banyak beraktifitas, Kana Syibila Bramantyo (Syibil) imun tubuhnya mulai kuat dan jadi lebih kurang terserang asma," kata Zaskia.

"Anak yang memiliki penyakit asma, kalau sudah di nebulizer maka sudah tak mempan menggunakan obat oral lagi,” tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini