nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Cara Mencegah Keinginan Bunuh Diri Ketika Pikiran Mulai Kalut

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 22:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 15 196 2117376 9-cara-mencegah-keinginan-bunuh-diri-ketika-pikiran-mulai-kalut-YWCqYO46KF.jpg Ilustrasi (Foto: Psycom)

Depresi bisa membuat seseorang memiliki pikiran bunuh diri. Bahkan tak sedikit orang yang memilih untuk mengakhiri hidupnya ketika merasa beban hidupnya terlalu berat. Terbaru ada Sulli yang merupakan mantan personel girlband f (X). Dirinya nekat bunuh diri karena mengalami depresi.

Beberapa kali Sulli sempat menyatakan bila ia berpura-pura bahagia di layar kaca dan media sosial. Belum lagi dirinya sering mendapatkan ujaran kebencian. Besar kemungkinan kondisi-kondisi itulah yang membuatnya memutuskan untuk bunuh diri.

Peristiwa yang dialami oleh perempuan kelahiran 29 Maret 1994 itu mungkin bisa terjadi pada Anda atau orang-orang sekitar. Apabila sampai tercetus pikiran atau keinginan untuk bunuh diri, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut ulasannya seperti yang Okezone rangkum dari Mayo Clinic, Selasa (15/10/2019):

 Pria tertunduk

1. Dapatkan bantuan segera

Sadarilah bahwa perasaan bunuh diri adalah masalah yang bisa diobati. Jika Anda merasa ingin melukai diri sendiri atau mencoba bunuh diri, segera dapatkan bantuan dengan menghubungi spesialis kesehatan mental. Selain itu, hubungilah teman dekat atau orang yang Anda dicintai. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pemimpin agama.

 Perempuan tertunduk

2. Pelajari strategi

Jangan mencoba mengelola pikiran atau perilaku bunuh diri secara pribadi. Pada tahap ini, Anda sudah membutuhkan bantuan dan dukungan profesional untuk mengatasi masalah yang terkait dengan pemikiran bunuh diri. Dokter atau penyedia kesehatan mental dapat membantu Anda mengidentifikasi strategi penanganan yang sesuai dengan situasi dialami. Pertimbangkan untuk membahas strategi ini dengan orang-orang terdekat Anda seperti anggota keluarga atau teman tepercaya.

3. Buat rencana untuk hidup

Saat pikiran bunuh diri menyergap, buatlah rencana tindakan tertulis atau rencana keselamatan dengan penyedia kesehatan mental. Belajarlah untuk mengenali tanda-tanda peringatan lebih awal sehingga dapat menjalankan rencana tersebut. Rencana itu berisi daftar kegiatan dan tindakan yang hendak dilakukan. Cara ini bisa membuat Anda tetap aman ketika memiliki pikiran untuk bunuh diri.

4. Menyimpan nomor kontak orang terdekat

Bantuan dari orang lain sangat dibutuhkan ketika Anda memiliki keinginan untuk bunuh diri. Oleh karenanya, simpanlah nomor kontak orang terdekat. Saat pikiran-pikiran negatif itu datang, segera hubungi mereka untuk meminta bantuan.

 Perempuan tertunduk

5. Hilangkan hal-hal pendukung bunuh diri

Pikiran untuk bunuh diri akan semakin kuat bila Anda menemukan hal-hal yang mendukungnya. Oleh karenanya, singkirkan hal-hal yang bisa 'melancarkan' niat bunuh diri seperti senjata, pisau cukur, atau benda lainnya. Jika memungkinkan, berikan obat-obatan kepada seseorang yang dapat melindungi diri Anda untuk membantu mengingatkan meminumnya sesuai resep.

6. Jadwalkan kegiatan harian

Melakukan kegiatan yang membawa kesenangan kecil dapat membantu menghilangkan pikiran bunuh diri. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain mendengarkan musik, menonton film lucu, mengunjungi museum, mencoba sesuatu yang berbeda, atau berolahraga. Aktivitas fisik dan olahraga dapat mengurangi gejala depresi.

 

7. Berkumpul bersama orang lain

Bangun jaringan dukungan Anda dengan menjangkau teman, keluarga, dan orang-orang yang peduli dan ada saat Anda membutuhkannya. Berusahalah untuk bersosialisasi untuk mencegah isolasi. Anda bisa juga bergabung dengan kelompok pendukung yang dapat membantu mengatasi pemikiran bunuh diri dan menyadari ada banyak pilihan dalam hidup selain bunuh diri.

8. Hindari penggunaan narkoba dan alkohol

Alih-alih menghilangkan rasa sakit yang menyakitkan, alkohol dan obat-obatan terlarang malah dapat meningkatkan pikiran untuk bunuh diri serta keputusan impulsif melukai diri sendiri.

9. Hindari situs web berisiko di internet

Jauhi situs web yang mungkin mendorong bunuh diri sebagai cara untuk menyelesaikan masalah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini