nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Zaskia Mecca Pilih Nebulizer Dibanding Inhaler saat Anak Terserang Asma

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 08:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 15 481 2116967 alasan-zaskia-mecca-pilih-nebulizer-dibanding-inhaler-saat-anak-terserang-asma-DLMuo2DUcw.jpg Zaskia Mecca (Foto : Okezone)

Inhaler kerap dimanfaatkan masyarakat sebagai sebuah alat yang efektif untuk mengatasi asma. Walaupun begitu keluarga Zaskia Mecca memilih untuk tidak menggunakan inhaler melainkan nebulizer.

Tiga dari empat anak Zaskia Mecca ternyata mengidap asma. Selain itu sang suami, Hanung Bramantyo beserta adiknya, Haykal Kamil juga memiliki penyakit asma. Banyaknya keluarga yang mengidap asma membuat Zaskia memilih produk yang paling aman untuk digunakan.

zaskia mecca asma

(Foto : Leo/Okezone)

Salah satu alasan Zaskia tidak menggunakan inhaler untuk sang anak karena penggunaannya membutuhkan pengawasan. Pasalnya inhaler yang dijual memiliki dosis pakai sesuai anjuran yang ditetapkan dokter.

"Inhaler baru bisa dipakai untuk anak berusia delapan tahun ke atas dan pemakaiannya juga harus dikontrol. Jangan sampai dipakai saat asma kumat secara terus-menerus. Karena pernah ada kejadian di Amerika seseorang tewas overdosis setelah 34 kali menghisap inhaler," ungkap Zaskia Mecca dalam acara Healthy Lung, Senin 14 Oktober 2019.

Alasan tersebut yang membuat Zaskia lebih memilih untuk menggunakan alat uap seperti nebulizer. Selain lebih aman untuk digunakan, nebulizer juga lebih minim efek samping terutama pada anak kecil.

Zaskia Mecca hijau

"Pemakaian inhaler itu harus sangat berhati-hati. Jadi menurut saya yang paling cepat dan mudah untuk mengatasi asma adalah menggunakan nebulizer," sambungnya.

Di sisi lain Kepala Subdirektorat Penyakit Paru dan Gangguan Imunologi, Kementerian Kesehatan RI, dr.Theresia Sandra Diah Ratih, MHA pun membenarkan pendapat Zaskia. Ia mengatakan bahwa inhaler tidak diperjualbelikan secara bebas. Karena memiliki dosis pakai.

Zaskia ke okz

"(Inhaler) tidak dapat dibeli secara bebas, harus ada resep dokter bukan dipakai seenaknya. Soalnya inhaler memilkiki dosis pakai, sehingga penggunaannya harus di kontrol,” tutup dr. Theresia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini