nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berobat ke Penang, Pasien dari Indonesia Bisa Dapat Perlakuan Khusus

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 21:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 15 481 2117336 berobat-ke-penang-pasien-dari-indonesia-bisa-dapat-perlakuan-khusus-gxvUM5TfJ7.png Keistimewaan orang Indonesia berobat di Penang (Foto: Blocks)

PULAU Penang merupakan salah satu destinasi favorit orang-orang Indonesia untuk berobat atau sekedar melakukan pemeriksaan sesederhana medical check-up. Medical tourism memang tengah giat dikembangkan oleh pemerintah Malaysia di kawasan Penang.

Diketahui dari catatan data, sekira hingga Oktober 2019, jumlah pasien di Penang, dari total keseluruhan sebanyak 1,2 juta ada 900.000 pasien yang merupakan datang dari Indonesia. Menyadari bahwa Indonesia sebagai konsumen terbesar, tidak bisa dipungkiri memang akhirnya ada sederet keistimewaan alias privilege yang didapat oleh pasien dari Indonesia. 

Rumah sakit

Pertama soal kedekatan, karena sudah ada sejarah panjang laporan medis di satu keluarga berobat ke rumah sakit di Penang maka biasanya treatment yang diterima pasien dari dokter pun lebih hangat.

“Contohnya dulu salah satu nenek, kakek, atau anggota keluarga lain yang juga sebelumnya pernah berobat di rumah sakit di Penang. Jadi sama dokter dianggap sudah akrab layaknya sebagai pasien lama, padahal baru datang berobat atau periksa sebagai pasien baru,” jelas Sherene Azli, CEO Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), kala ditemui Okezone, Senin (14/10/2019) di Penang, Malaysia.

Dilanjutkan oleh Sherene, adanya kedekatan emosional ini sedikit banyak berpengaruh pada harga yang harus dibayar loh! Ya, keistimewaan yang diterima oleh pasien dari Indonesia adalah harga berobat yang terbilang cukup terjangkau.

Ilustrasi berobat

“Less charge alias harga spesial, pertama dari biaya konsultasi, pasien dari Indonesia itu dianggap sebagai saudara serumpun sebab ada kesamaan dari segi kultur. Jadi istilahnya bisa saja sebenarnya fee jasa konsultasi itu tinggi, tapi kepada pasien Indonesia fee ini dijadiin lebih murah. Karena komunikasi lebih mudah dibandingkan ke pasien-pasien negara lain, laporan medis tidak perlu translate, tidak perlu adanya pengeluaran biaya di bidang ini,” imbuh Sherene.

Keistimewaan selanjutnya yang hanya didapat oleh para pasien dari Indonesia di rumah-rumah sakit di Penang, Malaysia ketimbang pasien internasional dari negara lain, seperti Vietnam, Myanmar, Tiongkok, hingga India adalah kemudahan dari segala lini.

Hal ini sebagai hasil dari kerjasama dari MHTC sebagai lembaga pemerintah yang bernaung di bawah Kementerian Keuangan Malaysia sebagai penanggung jawab untuk mengelola perjalanan wisata kesehatan Malaysia dengan berbagai pihak ketiga asal Indonesia.

Sebut saja mulai dari perusahaan jasa penerbangan, asuransi, e-commerce hingga bank-bank Indonesia. Hasilnya, tidak hanya memudahkan para pasien asal Indonesia tetapi akhirnya juga bisa menekan biaya karena ada berbagai program potongan harga atau diskon yang disediakan.

So, tidak heran kan jika sebagian penduduk Indonesia lebih menyenangi berobat terbang ke Pulau Penang, Malaysia ketimbang berobat di negeri sendiri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini