nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Mengajarkan Anak-anak Cinta Lingkungan

Rabu 16 Oktober 2019 18:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 16 196 2117810 pentingnya-mengajarkan-anak-anak-cinta-lingkungan-gSMeEee9TX.jpg Anak-anak diajarkan mencintai lingkungan (Foto: Meta/Okezone)

Anak-anak harus diajarkan cinta lingkungan sejak dini. Sebab mereka merupakan generasi muda yang wajib ikut melestarikan lingkungan dan alam sekitarnya.

Marketing Manager Danone Aqua Jeffri Ricardo mengatakan, edukasi cinta lingkungan sejak dini pada anak sangat penting dilakukan. "Sebab mereka masih kecil, jadi lebih mudah dididik untuk mencintai lingkungan, terutama anak-anak SD," katanya di Ciherang, Bogor, Rabu (16/10/2019).

 Anak belajar mencintai lingkungan

Edukasi cinta lingkungan, terang Jeffri, dilakukan dengan mengajak anak-anak belajar di alam sambil mengamati pohon-pohon. Mereka diajari untuk suka menanam pohon, membuat biopori, dan mengajari menanam pohon yang paling gampang ditanam di rumah mereka.

"Kalau anak-anak ini suka menanam pohon maka lingkungan akan lestari. Sebab pohon-pohon ini kalau besar akarnya menahan tanah, lalu menyerap air sehingga banjir bisa diminimalisir dan air serapan makin meningkat," kata Jeffri.

Menanam pohon, lanjutnya, selain berguna mencegah banjir juga mengurangi polusi udara.

Sementara itu, Guru SD Batu Kembar Herna Ningsih mengatakan, anak-anak saat diajari menanam pohon dan membuat biopori langsung tanggap. Kepedulian mereka terhadap lingkungan cukup tinggi.


Anak diajari menanam pohon

"Saya suka menyuruh anak-anak untuk menanam tanaman minimal satu. Mereka bisa menanam mangga, jambu, buah-buahan yang bisa dimakan," ujar Herna.





Ditemui di tempat yang sama, seorang siswa kelas 5 SD Batu Kembar, Syahrul mengatakan, mencintai lingkungan harus dilakukan sebab lingkungan itu sangat berharga.

"Saya menanam pohon pisang di rumah," ujarnya.

 Anak belajar mencintai lingkungan

Siswa kelas 4 SD batu kembar, Fariz mengatakan, ia mencintai tanaman sebab tanaman penting untuk kehidupan manusia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini