nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Pasien Penyakit Jantung Indonesia Lebih Pilih Operasi Bypass di RS Malaysia

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 09:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 16 481 2117484 alasan-pasien-penyakit-jantung-indonesia-lebih-pilih-operasi-bypass-di-rs-malaysia-umwAEHHVnb.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Penyakit jantung masih menjadi salah satu momok paling menakutkan bagi banyak masyarakat Indonesia. Mereka berusaha mencari pengobatan untuk penyakit jantung ke rumah sakit terbaik. 

Namun, sayangnya pasien penyakit jantung Indonesia semakin hari justru lebih percaya dan memilih menjalani pengobatan di luar negeri. Salah satunya, menjalani tindakan operasi bypass di rumah-rumah sakit yang ada di Pulau Penang, Malaysia. Destinasi pengobatan favorit banyak masyarakat Indonesia, terutama yang berada di daerah Medan, Aceh, Padang, Surabaya, dan juga Jakarta.

Berdasarkan data dari Penang Adventist Hospital, terjadi peningkatan pasien penyakit jantung dari Indonesia sekira lima persen setiap tahunnya. Mereka menjalani tindakan operasi bypass di rumah sakit satu ini.

ilustrasi jantung

Selain harga yang lebih terjangkau, apa alasan lain yang membuat pasien penyakit jantung Indonesia lebih memilih menjalani bypass di rumah sakit Penang?

Sebagaimana dituturkan oleh Ronald Koh, CEO Penang Adventist Hospital, treatment dan layanan yang diterima pasien di sini sedikit berbeda daripada rumah sakit di Jakarta. Pasalnya, biasanya setelah pasien menjalani operasi bypass akan ada tahapan selanjutnya, yakni rehabilitasi.

Dokter jantung

“Untuk pasien bypass, kita di sini ada pusat rehabilitasi baik fisioterapi. Fungsinya, pasien (penyakit jantung) menjalani terapi dari mulai setelah operasi untuk membantu latihan berdiri, duduk ke berdiri, bahkan sampai bisa naik sepeda. Saya pikir ini salah satu treatment unik,” ujar Ronald, kala ditemui Okezone, baru-baru ini di George Town, Penang, Malaysia.

Selain itu, sistem penempatan dokter bisa dibilang berpengaruh bagi kenyamanan, baik secara teknis maupun ketenangan emosional para pasien jantung yang menjalani pengobatan jarak jauh. Karena mereka harus bolak-balik dari Jakarta ke Malaysia lalu kembali ke Jakarta lagi.

Dokter Jantung keren

“Di sini kami punya 80 dokter spesialis yang praktek di sini. Mereka tidak buka praktek di tempat lain sehingga fokus dan hampir setiap hari di sini. Kalau di Indonesia, satu dokter bisa praktek di berbeda-berbeda beberapa rumah sakit, di klinik juga dan tempat lain juga,” tukas Ronald.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini