nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengidap Kanker dari Indonesia Makin Banyak yang Berobat ke Malaysia

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 17:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 16 481 2117707 pasien-kanker-di-indonesia-makin-banyak-yang-berobat-ke-malaysia-ZSPy8ePxFO.jpg Pasien kanker yang berobat ke Malaysia (Foto: Nerdnews)

SELAIN jantung, penyakit kanker adalah salah satu momok menakutkan bagi semua orang. Ya, karena memang selain memiliki imej angka kesembuhan dan harapan hidup yang kecil, biaya mahal, penyakit satu ini juga dipandang masih begitu sulit penanganannya di Indonesia.

Jika ingin berobat secara optimal, maka pilihannya adalah pergi berobat ke rumah sakit ke luar negeri. Tidak percaya? Nyatanya, DR.M.Amir Shah, konsultan radiotherapist dan Oncologist dari rumah sakit Gleneagles Penang, Malaysia ia mengakui pasien kanker yang berasal dari Indonesia semakin banyak.

 Ilustrasi pasien

“Kalau kita lihat pasien Indonesia semakin ramai datang ke sini, rasio pasien kanker Indonesia, sekitar 60 sampai 70 persen dari total yang ada," jelas DR. M. Amir Khan saat dijumpai Okezone di Penang, Malaysia.

Jika dilihat 50 tahun belakangan kasus penyakit kanker semakin banyak. Mungkin karena pola makan, pola gaya hidup, polusi, merokok dan minum alkohol.

Makanan cepat saji

Ini semua pemicu kanker, ditambah lagi memang kurang aktivitas olahraga, lebih banyak duduk di kantor dan mobil, jadi tidak begitu fit seperti orang dulu.

Biasanya penyakit kanker jenis apa yang paling banyak diderita oleh pasien dari Indonesia saat datang berobat ke rumah sakit ini. Dokter yang merawat almarhum Ustadz Arifin Ilhma ini menyebutkan, ada tiga jenis penyakit kanker yang menduduki peringkat tiga teratas.

 Kanker

“Pasien kanker Indonesia itu paling banyak di sini yang kanker payudara, kanker usus, sampai kanker paru-paru,” tutup DR.M.Amir Khan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini