nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ria Irawan Unggah Foto Plontos Jalani Peratawan Kanker, Netizen Panjatkan Doa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 20:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 16 481 2117796 ria-irawan-unggah-foto-plontos-jalani-peratawan-kanker-netizen-panjatkan-doa-N4dslDW2KU.jpg Ria Irawan di rumah sakit (Foto: riairawan/Instagram)

Ria Irawan kembali berjuang melawan kanker kelenjar getah bening yang diidapnya sejak 2014. Awal September lalu, ia sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo karena sel kanker di dalam tubuhnya sudah menjalar ke otak dan paru-paru.

Meski menyandang status penyintas kanker, Ria Irawan terus berusaha menjalani kehidupannya seperti orang-orang normal. Bahkan beberapa hari lalu, ia sempat mengunggah potret terbaru ke dalam akun Instagram pribadinya.

 Laki-laki dan perempuan

Dalam unggahan tersebut, Ria terlihat sedang berolahraga di halaman rumahnya mengenakan kaos oblong dan celana pendek hitam. Pada bagian wajah tersemat sebuah kacamata berukuran besar yang sengaja ia kenakan untuk membantunya melihat.

Tampilan Ria memang terlihat berbeda dibanding beberapa bulan sebelumnya. Rambutnya yang panjang kini sudah tidak habis tak bersisa. Kepalanya tampak plontos menandakan ia sudah berulang kali menjalani treatment kemoterapi.

 Laki-laki dan perempuan

Kendati demikian, Ria tidak pernah patah semangat. Semburat senyuman manis terpancar nyata di wajahnya. Ditambah lagi, ia dikelilingi orang-orang yang selalu mendukungnya untuk melewati cobaan ini. Tak terkecuali sang suami tercinta, Mayky Wongkar.

Pria yang ia nikahi pada 2016 silam itu selalu setia menemani dan mendukungnya. Pada foto tersebut, Mayky tampak memeluk erat sang istri. Pemandangan ini sukses membuat para netizen mengharu biru. Mereka berbondong-bondong mendoakan kesehatan dan kesembuhan Ria Irawan.

Bahkan hingga berita ini dituliskan, unggahan foto Ria telah mendapat lebih dari 18.000 likes dan ratusan komentar netizen.

“Halooo idolaku dari jaman duluuuu.. Sehat-sehat ya Mba Ria, semangat selalu semoga Allah mengangkat penyakitmu Mba Ria. Aku Padamu,”tulis akun @paryatiparmin.

“Semoga cepat sembuh.. Bisa akting film lagi.. Alhamdulillah punya suami sholeh banget. Saya salut. Semangat ya mbak Ria. Demi keluarga karena ternyata banyak yang sayang,” tulis akun @lenymadyawati.

 Peermpuan berkepala plontos

“Semangat ya sayang. Semoga panjang umur dan sehat kembali,” tulis akun @fahriah74.

“Riii… sehat kuat semangat. Hidup bersama kanker bukan berarti dunia kiamat. Keep smile babe,” tulis akun @vera.pasaribu.

“True Love. Alhamdulillah saya juga dapat suami yang terima saya sebagai ODE (Orang Dengan Epilepsi),” tulis akun @Merry100389.

“Sore sayang.. Tetap ceria.. Tetap semangat ya. Doa kami selalu kami panjatkan untuk kesembuhanmu dari jauh,” tulis akun @sylviaulfa17.

Sekadar informasi, sebelum divonis mengidap kanker getah bening stadium3, pada 2009 lalu ia sempat didiagnosa mengalami penyakit reproduksi. Rahim ria kala itu sudah diangkat namun ternyata sel kanker telah menyebar hingga ke indung telur dan kelenjar getah bening.

Menurut Prof. Dr. dr. Arry Harryanto Reksodiputro, kanker getah bening umumnya terjadi karena adanya infeksi, khususnya infeksi virus. Demikian juga dengan mereka yang menderita penyakit autoimun, yaitu kondisi di mana imunitas menyerang sel-sel baik dalam tubuh.

“Beberapa infeksi virus seperti cyto megalo virus (CMV), HIV, EBV, dan Hepatitis C dapat menjadi penyebab dari kanker yang juga disebut kanker limfoma ini. Penyakit autoimun seperti artritis reumatologi, atau bahkan asma dan alergi akut, juga dapat mengawali perkembangan kanker getah bening,” ujar Prof. Dr. dr. Arry Harryanto Reksodiputro, saat ditemui Okezone, beberapa waktu lalu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini