nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Osteoporosis Sejak Dini dengan Rutin Olahraga Yoga

Ade Charisma, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 22:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 16 481 2117932 cegah-osteoporosis-sejak-dini-dengan-rutin-olahraga-yoga-qQz1U7KONb.jpg Cegah osteoporosis dengan yoga (Foto: Shutterstock)

OSTEOPOROSIS mungkin tidak lagi terdengar asing di telinga. Osteoporosis telah menghantui kehidupan, terlebih bagi kaum wanita yang lebih berisiko menderita osteoporosis daripada kaum Adam.

Osteoporosis sendiri merupakan suatu penyakit pada tulang yang mengalami penurunan kualitas dan kepadatannya sehingga dapat mengakibatkan tulang menjadi rapuh, lebih sensitif dan mudah patah ( fraktur ). Osteoporosis sendiri memang termasuk dalam kategori penyakit degeneratif yakni penyakit yang risiko terkena akan makin tinggi seiring dengan bertambahnya usia.

 Osteoporosis

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Beberapa diantaranya adalah bertambahnya usia, berat badan di bawah normal, kurangnya asupan kalsium, menopause pada wanita, kebiasaan minum minuman beralkohol, minuman bersoda kopi, merokok, gangguan hormon, genetika, riwayat melahirkan dan saat menyusui.

Menurut Dr. Suci Sutinah, osteoporosis dapat dicegah sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat dan olahraga.

“Salah satu olahraga terbaik yang dilakukan untuk pencegahan osteoporosis adalah dengan gerakan yoga" ujar Dr. Suci Sutinah, yang juga seorang Medical Advisor PT Bayer Indonesia dalam Talkshow dan Yoga Class bertajuk "Cegah Osteoporosis dengan Yoga" di Jakarta, Rabu, (16/10/2019).

Astrid Amalia , seorang instruktur yoga mengatakan, gerakan-gerakan yoga dapat menguatkan tulang dan otot dengan cara yang sangat aman bagi siapa pun, baik untuk pencegahan ataupun yang sudah terkena osteoporosis. Yoga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga tubuh menjadi kuat dan tidak mudah goyah.

Yoga

"Cukup dengan 30 menit melakukan gerakan-gerakan yoga yang mudah kita sudah mencegah osteoporosis. Tidak perlu menggunakan matras, simpe l menggunakan kursi kita bisa melakukan di mana pun seperti di kantor, rumah atau tempat biasa kita beraktivitas tanpa harus repot membawa matras" tambah Astrid.

Osteoporosis

Osteoporosis tentunya akan membayangi kesehatan tulang, namun dengan cara hidup yang sehat seperti menghidari makanan dan minuman tertentu, rajin berolahraga dengan yoga, maka bisa meminimalisir risiko osteoporosis. Jadi tunggu apalagi? ubahlah pola hidupmu dengan lebih sehat mulai dari sekarang!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini