nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Veronica Tan Gandeng Wanda Ponika Ajak Anak Rusun Main Musik Operet

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 08:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 16 612 2117482 veronica-tan-gandeng-wanda-ponika-ajak-anak-rusun-main-musik-operet-8D484wSdeC.jpg Veronica Tan dan Wanda Ponika (Foto : Dewi/Okezome)

Kehidupan anak-anak rumah susun (rusun) di Jakarta punya cerita tersendiri, yang tak boleh dipandang sebelah mata. Karena itulah, Veronica Tan menggandeng sahabatnya, Wanda Ponika, membuat pertunjukan musik operet yang bakal meriah.

Lama tak muncul di hadapan publik, ternyata Veronica Tan senang berkegiatan sosial. Salah satunya melatih anak-anak rusun untuk berani tampil di hadapan publik.

Dalam project terbarunya, Veronica Tan dan Wanda Ponika akan melatih anak-anak rusun untuk main musik, akting, juga menari. Lalu pada 16 November 2019, sebanyak 200 anak dari tiga rusun berbeda bakal pentas di Ciputra Artpreuner, Jakarta. Anak-anak dari Rusun Pulogebang, Rusun Daan Mogot, serta Rusun Rawa Bebek bakal bermain musik operet "Selendang Arimbi", yang siap tampil di hadapan lebih dari 1.000 penonton. Kegiatan ini kali keduanya diadakan, karena semangat anak-anak rusun di dunia seni sangat besar.

Veronica Tan menjelaskan, potensi anak-anak rusun di dunia seni ini sangat besar. Mereka punya bakat terpendam di dunia akting atau main musik.

Veronica Tan

"Saya melihat anak-anak ini kalau akting natural. Maka kita beri kesempatan untuk belajar akting bareng sutradara, sekaligus bisa membangun karakter building mereka," ucap Veronica Tan di sela acara Wandaful Afternoon di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa 15 Oktober 2019.

Cerita dari pertunjukan musik operet tersebut, sebut Veronica Tan, sangat mudah dipahami. Tentunya dia ingin mengangkat cerita keseharian anak-anak rusun. Dari mulai saling tolong-menolong hingga mengangkat kebersamaan mereka di dalam satu kawasan tinggal.

Belum lagi, anak-anak rusun ini umumnya selalu ditinggal orangtua bekerja. Daripada tak ada kegiatan positif yang mengisi hari-harinya, maka kegiatan positif seperti pertunjukan musik operet ini bisa memberikan pelajaran berharga untuk mereka.

"Orangtua mereka ini rata-rata bekerja, misalnya kerjanya mengumpulkan sampah untuk dijual lagi, lalu ada yang dibina untuk membatik. Kita berikan kesempatan untuk anaknya, dikasih pelajaran moral dan bakatnya tinggal dikembangkan saja," imbuh Veronica Tan.

Menurutnya, kehidupan sehari-hari anak-anak rusun ini tak boleh dipandang sebelah mata. Apalagi dulunya mereka pernah tinggal di bantaran kali, kemudian dipindahkan ke sebuah bangunan baru yang lebih nyaman ditinggali.

Tentu ada gejolak dari sisi psikologis mereka saat dipindahkan ke tempat tinggal baru. Namun ini jadi satu tantangan tersendiri buat Veronica Tan, serta beberapa sosialita cantik, juga para artis Tanah Air yang terlibat dalam project ini.

Vero main musik

(Foto : @veronicatan_official/Instagram)

"Saya suka musikal dan anak-anak. Di dalam hidupnya, selalu ada kebersamaan. Mereka tidak mengenal perbedaan dan tidak ada intrik. Mereka ini sangat polos, maka kita mengadakan pembinaan, selain akademik, mereka juga harus dapat kegiatan positif," tambahnya.

Wanda Ponika senang bisa berpartisipasi dalam acara yang digagas Veronica Tan. Mengingat, jiwa sosialnya juga tinggi, desainer perhiasan itu juga mengajak teman-teman sosialita lainnya untuk mengumpulkan dana.

"Kita adakan penggalangan dana dalam rangkaian afternoon tea ini. Hasilnya akan kita gunakan untuk memberikan pelatihan pada anak-anak rusun. Mereka kan butuh dana besar saat latihan operet dengan orang profesional," tutur Wanda Ponika.

Veronica dan Wanda

Di mata Wanda Ponika, anak-anak rusun ini sangat hebat. Tak disangka mereka bisa menghibur banyak orang dan berani menunjukkan sisi kehidupan sehari-harinya, di sebuah panggung prestisius.

"Tentunya ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi anak-anak rusun. Serta akan menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Ibu Vero luar biasa bisa membuka kesempatan bagi mereka," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini