nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dicium Orang Flu, Balita Ini Tertular Virus Herpes

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 08:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 17 481 2118000 dicium-orang-flu-balita-ini-tertular-virus-herpes-iNNwYxwZ9o.jpg Ilustrasi (Foto: VT)

Seorang balita berusia satu tahun diketahui mengidap herpes setelah dicium oleh seseorang yang menderita sakit flu. Sang ibu bernama Charlotte Jones dari Abergavenny, Wales pun membagikan kisah yang menimpa putranya di media sosial, Facebook sebagai bahan pembelajaran bagi seluruh masayarakat di dunia.

Bocah malang tersebut bernama Ellis. Pada tahap awal kondisinya, dokter mengatakan kepada keluarga Jones bahwa putra mereka menderita tonsillitis (radang amandel). Dokter pun mengklaim Ellis kemungkinan besar mengalami kasus borok akut, tapi beberapa hari kemudian diagnosa tersebut berubah. Ellis dinyatakan positif mengidap virus herpes.

Tentu saja ini merupakan sebuah hal yang sangat mengejutkan. Oleh sebab itu Jones berharap dengan membagikan cerita ini, maka bisa mengedukasi banyak orang tentang bahaya kontak dari mulut ke mulut dengan anak kecil. Pasalnya banyak sekali orang yang gemas terhadap anak-anak hingga memutuskan untuk menciumnya.

Balita Kena Herpes

“Orang-orang benar-benar tidak menyadari bagaiman ciuman atau sentuhan dari seseorang yang sakit flu dapat mengancam jiwa bagi tubuh si kecil,” terang Jones menceritakan bayinya yang tertular herpes, sebagaimana dilansir VT, Kamis (17/10/2019).

Jones mengatakan gejala awal yang terjadi pada Ellis adalah suhu tubuh yang panasnya mencapai 40 derajat celcius nasal drip (lendir berlebih di hidung dan tenggorokan) dan dua kanula yang penuh dengan darah serta banyak obat-obatan. Lebih lanjut, Jones mengaku sang anak tidak makan selama lebih dari seminggu dan hanya minum jus gandum melalui botol.

anak sakit

(Foto : Ilustrasi)

Meski demikian, Jones merasa beruntung karena Ellis memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dibandingan balita pada umumnya. Jika tidak, kemungkinan besar kondisi kesehatannya bisa menjadi lebih parah. Oleh sebab itu ia memperingatkan orang-orang agar tidak mencium bayi atau balita ketika sedang mengalami flu.

Menurut NHS, bayi dan balita jauh lebih rentan untuk tertular herpes karena sistem kekebalan tubuh yang mereka miliki belum siap untuk mengatasinya. Semakin muda bayi, maka mereka akan semakin rentan terhadap efek berbahaya yang disebabkan infeksi.

bayi sakit

(Foto : Ilustrasi)

“Ini disebabkan oleh virus herpes simpleks, virus yang sangat menular dan dapat menyebabkan luka dan bisul kelamin pada orang dewasa. Herpes dapat menjadi sangat serius bagi bayi yang masih kecil dan dengan sistem kekebalan tubuh yang belum sepenuhnya berkembang melawan virus,” tulis NHS.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini