nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Suntik Vitamin C Dosis Tinggi Bisa Memicu Kanker

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 17 481 2118201 waspada-suntik-vitamin-c-dosis-tinggi-bisa-memicu-kanker-Wgw8RVGad2.jpg Injeksi vitamin C berlebihan (Foto: Medicalnewstoday)

DI pikiran orang awam,  vitamin itu dianggap menyehatkan dan berguna untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, konsumsi vitamin sehari-hari dirasa sangat penting untuk sebagian besar orang dengan tujuan memelihara kesehatannya.

Tapi jangan keliru dulu, tahukah Anda bahwa tidak semua s vitamin yang ada hadir tanpa resiko. Sebab, nyatanya memang ada jenis vitamin yang bisa memicu datangnya penyakit berbahaya, seperti kanker.

 Suplemen vitamin

Seperti penuturan DR.M.Amir Shah, konsultan radiotherapist dan Oncologist dari rumah sakit Gleneagles Penang, Malaysia, memang ada vitamin yang bisa memicu kanker, yakni vitamin C dosis tinggi.

Ya, tipe suplemen vitamin yang kerap digunakan sekarang ini untuk keperluan kecantikan, terutama bagi kaum Hawa yang mengidamkan warna kulitnya lebih cerah.

 Injeksi vitamin C

“Ada vitamin yang bisa memicu kanker, khususnya vitamin C dosis tinggi, karena banyak wanita yang suka suntik vitamin C. Kalau yang jenis tablet tidak ada dosis tinggi, yang dosis tinggi itu berupa suntikan, baik untuk kecantikan misalnya ingin kulitnya putih,” ujar DR.M.Amir Shah, kala ditemui Okezone di Gleneagles Hospital Penang, Malaysia.

DR. Amir Shah menjelaskan lebih detail, penggunaan vitamin C untuk tujuan kecantikan sejatinya bukan tidak diperbolehkan. Tapi pemakaian dosisnya lah yang harus betul-betul diperhatikan. Sebab, nyatanya di lapangan, masih ada saja yang melakukan suntik vitamin C dengan dosis berlebihan.

“Suntik vitamin C dosisnya satu sampai 2000 mililiter, nah yang bahaya itu jika yang dikasih sampai 50.000 mililiter untuk sekali suntik,” tukas DR. Amir.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini