nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tantangan Desainer Yudhistira Pamerkan Tenun Baduy di Australia

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 12:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 18 194 2118475 tantangan-desainer-yudhistira-pamerkan-tenun-baduy-di-australia-pgum2Vfk3O.jpg Desainer Yudhistira akan pamerkan Tenun Baduy di Australia (Foto : Pradita/Okezone)

Mengolah kain wastra tradisional, seperti tenun memang tidak pernah mudah. Bahkan ketika sudah diolah oleh tangan profesional, seperti desainer mode sekalipun.

Tantangan mengolah kain wastra menjadi sebuah rancangan desain busana inilah yang tidak luput dialami oleh salah seorang desainer muda ternama Indonesia, Yudhistira. Dia akan menampilkan karya rancangannya ‘Gayatri Volume III’ yang menonjolkan kain Tenun Baduy sebagai bahan kain material utama di Festival Indonesia. Acara digelar pada 23 hingga 25 Oktober 2019 di Australia.

Membawa sekitar 20 looks rancangan dari Tenun Baduy, Yudhistira mengaku ada sejumlah kendala sebagai tantangan yang harus dihadapi dalam mempersiapkan koleksi busana ready to wear for ladies selama sekira 6 bulan.

Desainer Indo

Dia mengakui, jumlah dari kain Tenun Baduy sebagai logistis adalah tantangan utama yang dihadapi ketika menyelesaikan koleksi ‘Gayatri Vol III’ ini. “Logistik jadi tantangan buat saya, kesediaan stok dari pemintal juga kan enggak selalu ada. Jadi gimana caranya satu warna dan pattern, sebab ini kan terbatas tidak bisa diproduksi secara massal,” aku Yudhistira kala ditemui Okezone, Kamis 17 Oktober 2019 di Jakarta Selatan.

Pekerja rumah Yudhistira agar rancangan koleksi ready to wear dirinya terlihat sempurna bukan hanya jumlah kain yang terbatas.Tetapi juga soal permainan warna.

tenun baduy

Sebab, pada nyatanya memang warna-warna yang bisa diaplikasikan untuk ke-20 koleksi ini terbatas.

Hal ini berhubungan kenapa warna di koleksi ini warna-warna gelap, seperti hitam, marun, dan sedikit sentuhan fuschia. Sebab dari segi koleksi pemintal mereka produktivitasnya tidak bisa terlalu cepat. Karena Yudhistira juga memang ingin menonjolkan ciri khas dari Baduy itu sendiri.

Desainer pamer

"Tapi dengan tantangan ini, gimana caranya diatasi semaksimal mungkin, biar kokeksi busana ini siluetnya tetap terlihat modern megah dan update,” tukas Yudhistira.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini