nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Khas Bali yang Melegenda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 18 298 2118784 5-makanan-khas-bali-yang-melegenda-zNPh7KwGT3.jpg Foto: Instagram @coco_vivanco

MELANCONG ke Bali hanya untuk menikmati keindahan alamnya tentu sangat merugi. Sebab di Pulau Dewata ini juga tersedia beragam kuliner yang patut dicoba.

Lalu apa saja kuliner khas Bali itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima makanan khas Indonesia asal Bali yang sudah melegenda.

1.Nasi Bali

 

Foto: Instagram coco_vivanco

Sesuai dengan namanya, Bali terkenal akan nasi campurnya. Nasi Bali terdiri dari nasi yang dicampurkan dengan berbagai macam lauk dengan porsi kecil. Salah satu tempat yang menjual Nasi Bali adalah Warung Men Wati di Jalan Segara Ayu, Sanur. Di sini, satu porsi Nasi Bali disajikan dengan telur rebus, suwiran ayam, jukut urap, kacang goreng, sambal dan kulit ayam goreng.

2.Ayam Betutu

Foto: Instagram susan_gracia

Makanan andalan Bali lainnya adalah ayam betutu. Olahan ayam ini terbuat dari aneka rempah dan bumbu yang diolah menjadi satu hingga menimbulkan rasa yang khas. Ayam betutu sendiri dibagi dua, ada yang dikuah ada pula digoreng.

Jika kalian ke Bali cobalah untuk mampir di Ayam Betutu Men Tempeh yang berlokasi di Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali. Rumah makan ini sudah buka sejak 1990-an.

3.Sate Plecing

Foto: Instagram dapurkobe

Tak hanya Madura yang memiliki makanan khas sate. Bali pun juga memiliki sate yang disebut dengan Sate Plecing. Selintas sate ini mirip dengan taichan yang disiram dengan sambal terpisah. Hanya saja bumbu pada sate ini lebih menyerap sehingga menghasilkan warna cokelat yang indah.

Sesuai dengan namanya, sate ini dihidangkan bersama sambal plecing yang terbuat dari racikan cabai, bawang putih, kemiri, dan terasi. Anda yang penasaran bisa mencoba sate ini di Jalan Arjuna, Daun Puri Kanja, Denpasar Utara.

4.Ikan Goreng Bali

Foto: Instagram goodindonesianfood

Bali juga memiliki menu makanan yang terbuat dari ikan. Bisa dibilang ikan goreng bali menjadi kuliner legendaris sejak dipopulerkan oleh rumah makan Mak Beng.

Rumah makan yang terletak di Sanur, Bali ini sudah buka sejak 1940-an alias sebelum Indonesia merdeka. Menu yang dijual di tempat ini hanyalah ikan goreng, sayur sup kepala ikan, sambal, dan nasi.

5.Bebek Bengil

Foto: Instagram bali.delicious

Bali juga terkenal karena hidangan bebeknya yang menggugah selera. Biasanya bebek Bali ini digoreng hingga kering dan disajikan dengan berbagai macam sambal.

Memang terlihat sederhana, tapi jika dicicipi dengan seksama maka akan terasa sekali rempah khas Bali yang membedakan bebek ini dengan daerah lain di Indonesia. Anda bisa mencoba menikmati olahan bebek tersebut di Bebek Bengil, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini