nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Payudara Sering Gatal, Apakah Tanda Kanker?

Della Astrini, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 18:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 18 481 2118776 payudara-sering-gatal-apakah-tanda-kanker-y9SCktgfJv.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Payudara gatal mungkin menjadi umum bagi sebagian wanita, tetapi jika gatalnya tidak berhenti, hal itu bisa menimbulkan rasa malu dan tidak nyaman di depan umum. Jika gatal berlangsung lama hingga menyebar ke bagian tubuh yang lain, sebaiknya Anda cepat memeriksakannya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Gatal pada payudara biasanya terjadi karena alasan yang sama seperti gatal di area lain seperti stimulasi ujung saraf. Tetapi ada pula yang mengatakan bahwa merasakan payudara gatal bisa jadi tanda mengalami kanker. Benarkah?

Dilansir dari Metro, Jumat (18/10/2019), Dr Clare Morrison, dokter umum dan penasihat medis di Medexpress, mengatakan jangan panik jika payudara terasa gatal. Memang benar bahwa gatal pada payudara dapat menjadi tanda kanker payudara, radang kanker payudara, khususnya, yang dapat menyebabkan kemerahan, peradangan, nyeri, dan pembengkakan, tetapi hal ini sangat jarang terjadi.

Ada penyebab lain gatal yang jauh lebih mungkin. Dr Clare mengatakan bahwa payudara yang gatal jauh lebih mungkin memiliki penjelasan yang tidak mengancam.

 Perempuan memegang payudara

Biasanya payudara gatal terjadi ketika ada iritasi pada kulit. Ini mungkin karena pembengkakan atau radang payudara, seperti pada kehamilan, perubahan pramenstruasi, atau obat hormon, termasuk kontrasepsi.

"Mungkin juga karena keluhan kulit seperti dermatitis, kulit kering, terbakar sinar matahari, atau alergi. Seperti bagian tubuh lainnya, kulit payudara mengalami gangguan kulit, seperti kekeringan, eksim (juga dikenal sebagai dermatitis), psoriasis, alergi, gigitan serangga, dan infeksi," ujarnya.

"Gatalnya bagian payudara yang terbuka dan dada bagian atas dapat disebabkan oleh sengatan matahari, dan alergi matahari," tambahnya.

Bersamaan dengan kondisi kulit, memiliki kondisi payudara yang gatal dapat disebabkan oleh aktivitas atau bra yang terbuat dari bahan sintetis yang memperburuk kondisi kulit. Dokter Clare pun menambahkan bahwa gatal di payudara biasanya disebabkan oleh panas yang berlebihan dan karena keringat. Hal ini dapat menyebabkan jerawat dan infeksi jamur.

Karena hal inilah, penting memakai bra yang pas dan nyaman untuk payudara. Di bawah payudara, kelembapan yang terperangkap dapat menyebabkan infeksi kulit, yang bisa berupa bakteri atau jamur.

Ruam gatal yang terjadi di antara lipatan kulit seperti ini, dikenal sebagai intertrigo. Jadi, jika payudara Anda terasa gatal, bagaimana selanjutnya? Hal yang pertama Anda akan lakukan adalah pastikan dulu alasan yang jelas mengapa hal itu terjadi baru Anda dapat menelpon dokter.

Apakah bra Anda tidak nyaman dan tidak pas? Apakah Anda memiliki kulit kering dan teriritasi di area lain? Apakah Anda sedang menyusui?

Jika tidak satu pun dari hal-hal yang disebutkan di atas, ada baiknya mencatat seberapa seringnya gatal itu terjadi serta merenungkan apakah ini merupakan pengalaman jangka panjang atau sesuatu yang tiba-tiba berubah.

 Kanker

Jika payudara Anda gatal secara tiba-tiba, kemudian berkepanjangan, datang dengan gejala lain, dan alasan lain yng tidak jelas, inilah saatnya yang tepat untuk Anda periksa ke dokter.

"Jika gatal berlanjut melalui berbagai tahapan siklus menstruasi, dan tidak merespons langkah-langkah sederhana, pikirkanlah kemungkinan sesuatu yang lebih serius, seperti kanker payudara," kata Dr Clare.

Kadang-kadang payudara yang gatal dapat menjadi ciri kanker payudara yang meradang. Ini adalah kanker yang serius dan agresif yang telah menyebar dari jaringan payudara yang menggarisbawahi ke kulit.

Tumor yang melakukan ini, memiliki prognosis yang lebih buruk daripada jenis kanker payudara lainnya. Penyakit pada payudara yang terlihat seperti eksim pada puting tetapi sebenarnya adalah kanker payudara sangat jarang.

Dan lagi, hanya karena payudara Anda yang gatal tidak memiliki penyebab yang jelas, itu tidak secara otomatis berarti Anda menderita kanker. Anda juga bisa mengalami infeksi, seperti sariawan, yang dapat menyebabkan sensasi serupa, atau mengalami perubahan hormon.

Kuncinya, tentu saja, menghindari apapun yang menyebabkan masalah, apakah itu bra murah, parfum yang kuat, atau terbakar sinar matahari. Pastikan untuk mengenakan bra yang pas, gunakan pelembap, dan mengobrol dengan dokter umum atau dokter kulit jika Anda kesulitan dengan kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis. Dan akhirnya, dilakukan dengan baik karena menyadari sensasi payudara Anda.

Periksalah kondisi atau kesehatan payudara Anda secara teratur. Beritahu jika ada perubahan dalam keadaan payudara Anda. Hal ini akan lebih mudah jika Anda mengeceknya atau melakukannya saat mandi atau berendam.

Waspadai tanda-tanda ada kanker payudara

Wanita disarankan untuk mulai memeriksa payudara mereka di usia 20-an. Benjolan jelas bukan satu-satunya hal yang harus diwaspadai. Berikut adalah hal yang harus Anda ketahui mengenai hal ini.

Perubahan ukuran payudara

Perubahan ukuran atau bentuk payudara wanita adalah hal-hal indah yang datang dalam semua bentuk dan ukuran. Tetapi jika payudara mulai berubah di luar masa menstruasi atau kehamilan, maka itu mungkin merupakan tanda peringatan. Terus periksa agar Anda tahu seperti apa penampilan payudara secara teratur.

Puting masuk ke dalam

Jika puting Anda tiba-tiba mulai masuk ke dalam atau berubah bentuk dengan cara apa pun, mungkin ada baiknya Anda memeriksanya. Hal ini banyak terjadi seperti puting kemerahan, ruam, atau luka kulit. Dan juga periksalah jika keluar cairan dari dalam puting tanpa memerasnya.

Pembengkakan di bawah ketiak

Pembengkakan di bawah ketiak atau tulang selangkangan seringkali bisa Anda alami pada pembengkakan di bawah ketiak Anda, tetapi jika itu tidak hilang pada saat menstruasi, periksalah.

Payudara sakit

Payudara bisa terasa sakit tetapi ada hal yang perlu dicurigai jika rasa sakit itu berkepenjangan. Biasaya Anda tidak dapat melihat vena di payudara, sehingga jika seseorang terlihat jelas dan tampaknya sedang tumbuh, pergilah ke dokter umum karena itu mungkin merupakan tanda tumor yang menghalangi pembuluh darah.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini