5 Fakta Menarik Switenia Puspa yang Masuk Daftar 100 Perempuan Berpengaruh di Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 01:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 18 612 2118420 5-fakta-menarik-switenia-puspa-yang-masuk-daftar-100-perempuan-berpengaruh-di-dunia-BOz4qNiEHc.jpg Swietenia Puspa Lestari (Foto: swieteniapuspa/Instagram)

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan wanita Indonesia di kancah internasional. Seorang mahasiswi ITB sekaligus pendiri Yayasan Divers Clean Action (DCA), Swietenia Puspa Lestari, berhasil masuk dalam daftar 100 perempuan berpengaruh di dunia pada 2019 versi media Inggris BBC.

DCA sendiri merupakan organisasi yang memiliki visi dan misi untuk menanggulangi isu sampah di lautan, serta menciptakan peta sampah laut modern di Indonesia. Tujuannya agar memudahkan masyarakat dalam mengambil tindakan terhadap polusi laut.

 Perempuan berdiri

Hingga saat ini Yayasan DCA besutan Swietenia telah memiliki lebih dari 1.500 penyelam yang berkontribusi dalam isu-isu lingkungan, baik di Indonesia maupun di kawasan Asia Tenggara.

Untuk mengenal lebih dekat sosok Swietenia Puspa Lestari yang sangat inspiratif, berikut Okezone rangkumkan beberapa fakta menariknya, Jumat (18/10/2019).

1. Sudah melakukan 1.000 penyelaman

 Menyelam

Situs www.greeners.com menyebutkan bahwa wanita yang akrab disapa Tenia itu telah melakukan 1.000 penyelaman di sejumlah lokasi. Bagaimana tidak, ia telah mendapat lisensi diving sejak masih duduk di bangku SMP. Pada 2016 lalu, Tenia juga sempat mengajak rekan-rekannya untuk beach cleaning di Kepulauan Seribu.

2. Kuliah di Institut Teknologi Bandung

Ketertarikan Swietenia untuk mendalami isu lingkungan semakin besar saat melanjutkan ke kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Di kampus ini ia mengambil jurusan teknik lingkungan, dan mempelajari banyak hal termasuk tentang pengelolaan sampah.

 Perempuan berdiri

3. Menuntut ilmu di Negeri Paman Sam

Untuk memperdalam pengetahuan tentang pentingnya menanggulangi isu sampah, konservasi, dan lingkungan, Tenia berangkat ke Amerika Serikat. Di sana, ia mempelajari berbagai informasi-informasi penting seperti pemetaan, clean up, dan bagaimana membuat kampanye yang terstruktur dengan baik.

4. Mendirikan Divers Clean Action

Setelah selesai merampungkan studinya, Tenia dan salah satu temannya di ITB, sepakat untuk mendirikan yayasan Divers Clean Action (DCA). Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, saat ini, jumlah anggota DCA telah menyentuh angka 1.500 yang tersebar di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Mereka sangat concern menyoroti isu-isu lingkungan, serta rutin melakukan kegiatan bersih-bersih laut.

 Perempuan muda

 

5. Sempat ditentang orangtua

Sebelum aktif menjadi seorang aktivis lingkungan, Tenia mengaku sempat ditentang oleh kedua orangtuanya. Mereka menginginkan Tenia untuk menjadi abdi negara alias Pegawai Negeri Sipil (PNS). Berkat keseriusan dan komitmen yang kuat, kedua orangtua Tenia pun luluh. Mereka akhirnya ikut memberikan dukungan penuh kepada gadis kelahiran 1994 itu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini