nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raih Anugerah Tokoh Sang Pemimpin untuk Kategori Pariwisata, Bupati Banyuwangi Pamer 3 Event

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 10:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 19 406 2118989 raih-anugerah-tokoh-sang-pemimpinn-untuk-kategori-pariwisata-bupati-banyuwangi-pamer-3-even-jLCyUXMIlR.jpg Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kanan) dianugerahi sebagai tokoh Sang Pemimpin untuk kategori Pariwisata. Foto: Okezone

KABUPATEN Banyuwangi sukses memaksimalkan potensi pariwisata yang mereka miliki, serta mendorong peningkatan ekonomi penduduk lokal. Atas prestasi rersebut, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dianugerahi sebagai tokoh Sang Pemimpin untuk katergori parawisata.

Anas pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas penghargaan yang ia terima di acara Sang Pemimpin yang digelar Okezone.com di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, kemarin. Penghargaan tersebut ia persembahkan untuk warga Banyuwangi yang telah berkontribusi dalam memajukan parawisata di daerahnya.

"Saya apresiasi sekali insiatif dari media seperti Okezone dalam mendorong agar daerah-daerah punya terobosan dan prestasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Anas menambahkan bahwa ke depannya Banyuwangi akan tetap konsisten mengembangkan sektor pariwisata, karena menurutnya selama ini pariwisata menjadi instrumen terbaik untuk mendorong ekonomi rakyat.

Foto: Pariwisata Banyuangi

Seperti diketahui, Banyuwangi menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan mereka untuk mendapatkan pendapatan. Sebelumnya Banyuwangi hanya mampu menggaet 491 ribu wisatawan lokal dan 5 ribu wisatawan mancanegara (wisman).

Foto Shutterstock: Pariwisata Banyuangi

Lalu saat ini jumlah tersebut meningkat berkali-kali lipat hingga menyentuh angka 5,3 juta wisatawan lokal dan 127 ribu wisman.

Lebih lanjut usai mendapat anugerah Tokoh Sang Pemimpi untuk kategori pariwista, Anas mengumbar tiga even besar yang mereka digelar. Apa saja itu? "Saat ini kita punya banyak event di mana tiga antaranya masuk dalam Top 100 CoE Nasional yakni, Tour de Ijen, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Festival Gandrung Sewu," ungkap Azwar Anas.

Anas pun mengimbau agar setiap daerah di Indonesia untuk mulai mendorong pengembangan potensi wisata masing-masing. Menurutnya, saat ini pariwisata merupakan satu-satunya sektor yang menjadi kekuatan Indonesia dalam persaingan di kancah internasional.

"Saudi Arabia saja mulai merubah sebagian kebijakannya untuk pariwisata. Maka ke depannya, menurut saya, setiap daerah harus mengembangkan potensi wisata mereka. Karena mereka memiliki keunikan luar biasa yang tidak memiliki di daerah lain, mulai dari budaya hingga alamnya," tegas Anas.

"Intinya Indonesia itu adalah surga bagi wisatawan dunia, sehingga harus dikembangkan karakter daerahnya masing-masing," tukasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini