nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pelantikan, Jokowi Ganti Foto Twitter Pakai Peci Hitam dan Dasi Merah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 12:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 20 194 2119262 jelang-pelantikan-jokowi-ganti-foto-twitter-pakai-peci-hitam-dan-dasi-merah-XuWHh8zVQZ.jpg Penampilan Jokowi (Foto: Twitter)

JOKOWI dan Ma'ruf Amin siang ini, Minggu (20/10/2019), akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden. Proses pelantikan akan digelar dalam sidang paripurna MPR pada pukul 14.30 WIB di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Jelang pelantikan, tepatnya pada pukul 09.47 WIB, Presiden Jokowi terpantau mengubah foto twitternya dengan potret terbaru. Dalam foto bernuansa merah putih itu, Jokowi tampil gagah mengenakan setelan jas hitam yang dipadukan dengan kemeja putih dan dasi merah.

"Kerja bersama, menuju Indonesia Maju," tulis Jokowi pada keterangan foto.

Jokowi juga memakai peci yang selama identik dengan identitas bangsa Indonesia. Penggunaan peci alias kopiah memang sudah sering menghiasi kepala para pejabat negara. Banyak orang berasumsi bahwa penutup kepala berwarna hitam yang dikenakan Jokowi itu berkaitan erat dengan nilai-nilai agamis, dan identik dengan simbol kaum Muslim Nusantara. Namun menurut sejarah, peci hitam pertama kali dikenakan oleh Ir Soekarno ketika menghadiri rapat Jong Java di Surabaya, Juni 1921.

Kala itu, Soekarno menyadari bahwa banyak kaum berpendidikan enggan mengenakan pakaian tradisional seperti blangkon, sarung, dan peci karena diklaim sebagai gaya busana kaum proletar.

Tergerak untuk mengubah mindset tersebut, Soekarno muda dengan percaya dirk menghadiri rapat mengenakan peci di kepalanya. Ia pun berteriak lantang mengatakan, "Kita memerlukan sebuah simbol dari kepribadian Indonesia.

Peci yang memiliki sifat khas ini, mirip yang dipakai oleh para buruh bangsa Melayu, adalah asli milik rakyat kita. Menurutku, marilah kita tegakkan kepala kita dengan memakai peci ini sebagai lambang Indonesia Merdeka!," tutur Soekarno seperti dikutip Okezone dari GoodNewsFromIndonesia.

 Jokowi

Sejak saat itulah peci mulai dikenakan oleh masyarakat Indonesia, terutama para pejabat-pejabat negara dalam berbagai acara penting. Mulai dari menjamu tamu negara, hingga menghadiri acara-acara spesial seperti pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin siang nanti.

Unggahan terbaru Jokowi pun langsung dibanjiri ribuan komentar netizen Indonesia. Selain terkesima melihat penampilannya, sebagian besar netizen menggunakan kesempatan tersebut untuk memberikan ucapan selamat kepada bapak 3 orang anak itu.

"Amin. Semoga kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan menuju Indonesia maju,adil dan makmur. Selamat Berkerja Pak Presiden. Tuhan Selalu Menyertai Kita Semua," tulis akun @Suanggi_Hitam.

"Jangan takut dengan siapapun pak. Demi Indonesia. Demi rakyat Indonesia. We stand behind you, mister!," tulis akun @akbararfiannp.

"Selamat pak Jokowi... jaga kepercayaan rakyat, tuntaskan janji-janji bapak yang belum tercapai, minta petunjukNya...semoga bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan sehat selalu...aamiin," tulis akun @ekisasmita.

"Semangat Pak. Jaga, pelihara, dan laksanakan amanah rakyat dengan seluruh jiwa raga. Insyaallah Bapak di jalan yang benar," tulis akun @MoelyonovDjalil.

"Selamat ya pak @jokowi...selamat mengemban amanah rakyat, semoga selalu diberikan keberkahan, kelancaran dan kesehatan..aamiin," tulis akun @biggerstop.

"Ganteng dan berkharisma banget Presidenku," tulis seorang netizen.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini