nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Gaya Presiden Indonesia saat Pakai Batik, Mulai dari Soekarno hingga Jokowi

Syifa Hanifah Firdiani , Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 22:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 20 194 2119338 intip-gaya-presiden-indonesia-saat-pakai-batik-mulai-dari-soekarno-hingga-jokowi-ku8rzBu8V4.jpg Presiden Jokowi (Foto : @jokowi/Instagram)

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Masyarakat hingga presiden pun sering mengenakan busana batik sebagai pakaian sehari-hari maupun ke berbagai acara tertentu, bahkan batik juga sudah tersebar hingga mancanegara sehingga tak jarang warga asing pun pakai baju batik.

Dari presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi juga sering mengenakan busana batik dengan berbagai macam motif. Yuk intip gaya para presiden Republik Indonesia saat mengenakan batik, Minggu (29/10/2019)

1. Jokowi

Jokowi batikan

(Foto : @jokowi/Instagram)

Mungkin Anda biasa melihat Jokowi mengenakan kemeja putih. Tapi, ternyata Jokowi juga sering memakai batik ke berbagai acara kenegaraan.

2. Susilo Bambang Yudhoyono

SBY Batik

(Foto : @aniyudhoyono/Instagrm)

Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono juga sering terlihat mengenakan busana batik. Tak hanya SBY yang tak bisa dipisahkan dari batik, Almarhumah Ani Yudhoyono pun demikian. Bahkan tak jarang mereka pun memakai busana batik yang sama.

3. Megawati

Megawati Batik

Presiden Republik Indonesia ke-5 memang lebih sering menggunakan busana merah khas partainya. Namun, ia juga sering mengenakan busana batik. .

4. Abdurrahman Wahid

Gus Dur

Abdurrahman Wahid atau yang sering disapa Gus Dur sebelum menjadi presiden ke-4 Republik Indonesia ke-4 memang sudah biasa mengenakan baju batik. Di beberapa kesempatan, Gus Dur nampak mengenakan batik sebagai busananya.

5. Bacharuddin Jusuf Habibie

BJ Habibie dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia karena kemampuannya dalam membuat pesawat terbang. Selain sering mengenakan busana batik, nama Habibie pun menjadi salah satu motif Batik. Motif Batik itu dinamakan Rudy Habibie yang dibuat oleh tim presiden BJ Habibie. Gambar motif batik itu berupa parang, bunga wijaya kusuma dan sepasang angsa.

BJ Habibie

Motif parang memiliki arti pahlawan, sedangkan bunga wijaya kusuma dipilih sebagai lambang wahyu karena prestasi Habibie membuahkan hasil. Sepulangnya dari Jerman Habibie mendapatkan kepercayaan menjadi menteri dan akhirnya menjabat sebagai Presiden ke-3 Republik Indonesia. Sementara sepasang angsa menggambar cinta Habibie dan Ainun.

6. Soeharto

Soeharto batik

(Foto : CNN)

Dalam momen ini terlihat Presiden ke-2 RI, Soeharto mengenakan batik bersama Bill Clinton. Mantan Presiden AS itu juga mengenakan batik saat melakukan kunjungan ke Indonesia.

7. Soekarno

batik soekarno

(Foto : Indonesianbatik)

Menurut ahli waris Go Tik Swan, Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno, jatuh cinta dengan batik buatan Go Tik Swan dan meminta untuk mmebuat batik bermotif Indonesia yang berbeda dengan batik Solo, Yogyakarta atau Pekalongan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini