nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan di Restoran Ini, Tamu Bakal Dikasih Air Minum dari Toilet

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 22:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 21 298 2119861 makan-di-restoran-ini-tamu-bakal-dikasih-air-minum-dari-toilet-18xYzsk4uF.jpg Restoran unik kasih air minum pakai air toilet (Foto: Boldsky)

MENDENGAR kata air toilet pasti yang terbayang di kebanyakan benak orang pada umumnya adalah air yang kotor, tidak layak untuk dikonsumsi. Apalagi sampai disajikan untuk tamu di sebuah restoran.

Tapi, percaya atau tidak air bekas dari toilet inilah yang dimanfaatkan oleh satu restoran di Kuurne, Belgia, yang bernama Gust’eaux. Sebagaimana dilansir Odditycentral, Senin (21/10/2019) restoran ini mulai melayani pelanggannya dengan menyediakan air minum gratis yang didaur ulang dari air wastafel dan toilet.

 Air toilet

Tapi jangan keburu merasa jijik dahulu, air yang disajikan di restoran Gust’eaux tersebut dijelaskan lebih lanjut sama dengan air minum lain seperti biasanya. Tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, sehingga mungkin secara kasat mata sulit dipercaya bahwa sumbernya sebenarnya adalah toilet restoran.

Air dari wastafel dan toilet ini, didaur ulang menjadi air minum dengan melewati proses sistem pemurnian 5 langkah yang kompleks, dari limbah hingga menjadi menjadi air yang begitu murni dan diperkaya dengan mineral sebelum disajikan kepada para pengunjung restoran.

 Air dari wastfel

Ide anti-mainstream ini sendiri hadir mengingat restoran Belgia tersebut tidak terhubung ke sistem saluran pembuangan kota. Sehingga membutuhkan solusi untuk menyelesaikan masalah pembuangan kotorannya.

Nah, berkat sistem daur ulang air yang unik ini, air toilet dan air wastafel awalnya "dibersihkan" dengan pupuk tanaman, kemudian baru sebagian dicampur dengan air hujan yang dikumpulkan dan digunakan untuk menyiram toilet, sementara sisanya melalui serangkaian pemurnian proses, seperti disebutkan perwakilan dari restoran Gust’eaux sehingga menghasilkan air murni yang secara tampilan tidak bisa dibedakan dari air ledeng biasa.

“Air dari hasil proses pemurnian ini jadinya terlalu murni untuk bisa diminum, sehingga kami menambahkan mineral untuk membuatnya jadi lebih sehat,” ujar seorang perwakilan restoran Gust’eaux saat diwawancara VRT News.

 Air dari toilet

Sebagai hasilnya, restoran ini menawarkan hasil air toilet yang didaur ulang tersebut kepada para pelanggan secara gratis dalam berbagai bentuk . Mulai dari air minum, es batu atau kopi, bahkan kabarnya juga digunakan untuk menyeduh bir loh!

Sementara itu, menurut Sudinfo, sebetulnya sistem pemurnian air yang dilakukan oleh restoran Gust’eaux ini adalah sistem pemurnian air yang sama yang digunakan untuk menyediakan air minum bagi masyarakat yang terisolasi, tetapi pengalaman itu belum pernah terjadi sebelumnya di Eropa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini