nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yohana Yembise Bangga Festival Pesona Bahari Raja Ampat Masih Eksis

Chanry Andrew S, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 21 406 2119777 yohana-yembise-bangga-festival-pesona-bahari-raja-ampat-masih-eksis-0yX0o0NuzN.jpg Pulau Wayag di Raja Ampat (Foto: Andrew Chan/Okezone)

WAISAI - Festival Pesona Bahari Raja Ampat bukan baru pertama kali dilakukan. Festival Bahari Raja Ampat merupakan event tahunan sebagai ajang promosi wisata kelas dunia.

Setiap tahun festival ini dilaksanakan dengan mengangkat tema bahari dan budaya Raja Ampat. Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bahari diadakan juga dalam bentuk pentas seni serta lomba-lomba seperti tarian gale-gale, lomba foto, serta pameran kerajinan tangan.

Bertempat di pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat, Jumat, 18 Oktober 2019 sore, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia, Yohana Yembise, secara resmi membuka kegiatan Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019.

 Foto bersama

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati (AFU) secara resmi menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menteri Yohana Yembise dan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan bersama tamu undangan serta Forkopimda Kabupaten Raja Ampat.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan di hadapan Menteri Yohana Yembise, Bupati Abdul Faris Umlati dan Ketua DPRD Raja Ampat, Reynold M Bula serta tamu undangan dan Forkopimda yang hadir dalam acara tersebut mengajak warga masyarakat Raja Ampat untuk jaga NKRI, jaga Papua Barat dan jaga Raja Ampat.

Dikatakannya, masyarakat Raja Ampat harus bangga dengan Papua Barat karena ditetapkan sebagai destinasi wisata dunia, khususnya Raja Ampat. “Oleh karena itu, event festival ini sangat penting dilakukan karena memiliki manfaat yang besar sebagai ajang promosi dan potensi dan kearifan lokal, serta menjaga agar tetap hidup dan lestari,” jelas Dominggus.

Sementara itu, Yohana Yembise, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pemkab Raja Ampat, pemerintah Papua barat begitu juga Kementerian Pariwisata yang bekerja sama menjaga dan melestarikan festival Raja Ampat, sehingga di tahun 2019 ini Festival Raja Ampat tetap eksis.

“Atas kerja sama semua pihak maka dalam Festial Raja Ampat 2019 ini tetap eksis berada dalam Top 100 calendar of event wonderfull Kementerian Pariwisata,” jelas Menteri P3A, Yohana Yembise.

 Pemandangan

Sebelumnya, Menteri Pariwisata sempat menyinggung bahwa program 100 CoE Nasional masih belum mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara. Sebab masih ada kendala yang kerap ditemui dalam calendar of event, salah satunya manajemen waktu yang kurang baik.

Usai memberikan sambutan, Yohana secara resmi membuka kegiatan Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019, ditandai dengan pemukulan tifa secara bersama dengan Gubernur Papua Barat, Bupati Raja Ampat dan Ketua DPRD Raja Ampat, serta Ketua Tim 100 Wonderful Event Kementerian Pariwisata.

Usai membuka kegiatan Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019, Yohana Yembise kemudian melaunching, Program Adopsi Coral, Aplikasi Visit Raja Ampat, Kartu Identitas Anak (KIA) di Raja Ampat dan Pemberian secara simbolis santunan asuransi kematian BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris masyarakat Raja Ampat korban kecelakaan laut perahu longboat di Raja Ampat.

Yohana Yembise dan tamu undangan juga mengikuti serangkaian acara tarian adat Yosim pancar yang merupakan tarian adat persatuan dan kesatuan. Selain itu grup musik bambu juga mengiringi tarian Yosim pancar, grup musik bambu Raja Ampat merupakan binaan Kapolres Raja Ampat AKBP Edy Setyanto Ernink.

Menteri Yohana dan rombongan juga mengunjungi sejumlah stand pameran yang menampilkan sejumlah kerajinan tradisional khas Papua dan kreativitas pemuda-pemudi Papua.

Acara selanjutnya dimeriahkan oleh tarian Lalayon oleh sanggar tari kampung Gag Raja Ampat bersama alat musik tradisional suling tambur, dan artis asal Papua, Edo Kondologit.

Dalam festival kali ini, sebanyak seribu wisatawan akan diajak oleh panitia penyelenggara untuk mengikuti Tour Wisata ke sejumlah lokasi wisata terkenal di Raja Ampat, yang akan berlangsung selama 3 hari.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini