nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inovasi Dokter untuk Sehatkan Masyarakat di Era 4.0

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 22:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 21 481 2119882 inovasi-dokter-untuk-sehatkan-masyarakat-di-era-4-0-cVAH66I7SF.jpg Dokter dan alat kesehatan (Foto: Nerdews)

DEMI meningkatkan pelayanan kesehatan, berbagai inovasi terbaru dari para dokter sangat dibutuhkan. Banyak penelitian telah dilakukan di bidang medis.

Ketertarikan para dokter yang menjadi peneliti memang patut diacungi jempol. Mereka tak sekedar membantu pasien ketika sakit saja, namun juga banyak yang mendukung program preventif.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sangat mengapresiasi dedikasi dokter yang sudah bekerja keras, memajukan bidang kesehatan. Selain itu, mereka pun berhati besar menolong pasien di mana saja, yang menjadi tugas utamanya.

 Dokter

Lewat Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia ada 10 hasil penelitian dokter yang menjadi inovasi terbaru di bidang kesehatan. Para dokter meneliti berbagai bidang preventif dan promotif kesehatan, seperti deteksi dini kanker dengan balon karet, nilai rasio darah pada pasien PPOK, hingga sel punca untuk terapi kanker.

Ketua Umum Pengurus Besar IDI dr Daeng M Faqih, SH, MH, menilai, penelitian ini bisa memberikan dampak positif di bidang kesehatan atau teknologi kesehatan. Dokter pun harus meningkatkan kompetensi pelayanan, mengejar ketertinggalan penguasaan teknologi, hingga mengembangkan inovasi pelayanan kedokteran.

 Dokter

"Para dokter juga harus meningkatkan daya saing dan mengangkat marwah. Selain itu bisa berupaya penggunaan hasil riset sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam sektor kesehatan," tutur Daeng lewat siaran pers yang diterima Okezone, Senin (21/10/2019).

Saking pentingnya inovasi di bidang kesehatan, IDI pun mendirikan lembaga riset terkemuka. Mendukung pula revolusi industri 4.0 yang digencarkan oleh pemerintah.

 Tenaga medis

Senada, Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Michael Bujung Nugroho, menambahkan, para dokter yang telah mendedikasikan dirinya bagi kemajuan penelitian di Indonesia patut diapresiasi. Menurutnya, banyak dokter yang punya kompetensi besar untuk melakukan studi khusus.

"Kami memberi apresiasi kepada para dokter yang telah mendedikasikan dirinya bagi kemajuan penelitian di Indonesia," ucap Michael.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini