nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesalahan Kecil saat Mencuci Wajah, Awas Bisa Bikin Kulit Rusak!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 23:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 21 611 2119842 kesalahan-kecil-saat-mencuci-wajah-awas-bisa-bikin-kulit-rusak-nwMAII9VMG.jpg Kesalahan dalam mencuci muka (Foto: Healcure)

MENCUCI wajah adalah salah satu bagian dari perawatan kulit. Umumnya wajah dicuci sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Tapi beberapa orang ada yang memiliki standarnya tersendiri untuk mencuci wajah.

Biarpun mencuci wajah bertujuan untuk menghilangkan riasan, minyak, keringat, dan polutan, namun kesalahan kecil malah bisa membuat kulit menjadi rusak. Salah satunya adalah penggunaan sabun cuci wajah yang mengandung alkohol. Menurut spesialis kulit dan ahli bedah kosmetik Paul Banwell, produk yang mengandung alkohol dapat mengeringkan kulit wajah dan menghilangkan minyak alami.

Mencuci muka

“Oleh karenanya, penggunaan tisu wajah juga tidak disarankan. Produk tersebut mengandung alkohol, aroma, dan senyawa sintetis lainnya yang dapat mengiritasi kulit. Pada gilirannya dapat menyebabkan sensitivitas dan kemerahan,” ujar Paul seperti yang Okezone kutip dari Mirror, Senin (21/10/2019).

Hilangnya minyak alami dari kulit wajah dapat mengganggu fungsi penghalang. Hal itu dapat membuat kulit memiliki komedo dan berjerawat. Oleh karenanya, hindari mencuci wajah dengan produk yang mengandung alkohol.

“Menggunakan pembersih yang salah dapat memengaruhi fungsi penghalang kulit dan menyebabkan masalah lebih lanjut. Pilihlah produk dengan hati-hati,” kata Paul.

 Wajah

Ia menjelaskan bila penghalang kulit berfungsi sebagai pelindung dengan cara menghentikan mikroba dari luar agar tidak meresap ke kulit. Selain itu, minyak alami juga menjaga kulit tetap lembap lantaran mencegah terjadinya penguapan. Untuk hasil maksimal, gunakanlah sabun cuci wajah yang mengandung bahan tertentu.

“Kandungan yang penting dalam sabun cuci wajah adalah ceramides. Kandungan tersebut membantu menjaga kulit tetap lembut, mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh, dan membantu mempertahankan fungsi penghalang yang baik. Cari sabun cuci wajah dengan kandungan ini,” ucap Paul.

 Mencuci wajah

Dirinya mengatakan, ada pula beberapa perusahaan yang juga memformulasikan produknya mengandung minyak pembersih. Kandungan itu dapat membantu menghilangkan make up yang membandel. Sementara itu, tindakan mencuci dan memijat wajah saat dicuci dengan sabun dapat menstimulasi aliran darah dan bertindak sebagai bentuk minor dari drainase limfatik. Kedua hal ini dapat membantu kulit terlihat lebih segar dan cerah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini