nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringati Hari JOTA JOTI Sedunia, Kenali Spelling Tiap Abjadnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 21:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 21 612 2119910 peringati-hari-jota-joti-sedunia-kenali-spelling-tiap-abjadnya-Jc5MS3R9Na.jpg Ilustrasi (Foto : Youtube)

Masyarakat dunia memperingati hari JOTA (Jambore On The Air) dan JOTI (Jambore On The Internet) pada 18-20 Oktober 2019. Mungkin masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham dengan acara tersebut. JOTA JOTI adalah sebuah kegiatan berkomunikasi melalui radio dengan penyebutan (Spelling) abjad dan nomor.

Spelling dilakukan dalam upaya memperjelas komunikasi melalui saluran radio agar huruf yang diucapkan tidak saling berbenturan dengan huruf lainnya yang bernada sama. Merangkum dari Scout, Senin (21/10/2019) JOTA sendiri pertama kali diselenggarakan pada 1957 untuk memperingati kepanduan internasional. Kegiatan itu dirancang oleh seorang pemilik stasiun radio amatir berkebangsaan Inggris.

JOTA pada mulanya hanya mempergunakan perangkat radio amatir yang jarak jangkaunya hanya sekira 40 meter sampai 80 meter. Namun pada 2004 penggunaan radio sudah dihentikan dan digantikan menggunakan VOip.

sejarah radio

(Ilustrasi)

Berbeda dengan JOTA, JOTI pertama kali dirintis pada 1995 oleh Rovers Queanbeyan. Pada November 1996 Komite Pramuka Dunia mencatat bahwa kepramukaan sudah memiliki kehadiran yang cukup besar di internet, sehingga diputuskanlah JOTI menjadi acara resmi Pramuka Internasional.

Kegiatan JOTI adalah percakapan dengan pramuka-pramuka dari seluruh penjuru dunia dengan menggunakan jaringan Internet Relay Chat (IRC). Jadi para peserta yang ingin ikut serta dalamn JOTI harus memiliki komputer dengan software chat IRC seperti mIRC atau Xchat. Bisa pula dengan aplikasi Mibbit yang terhubung dengan mIRC.

Jota dan joti

(Foto : @gerakanpramuka/Instagram)

Tentunya terdapat aneka alphabet yang digunakan dalam komunikasi JOTA JOTI. Seperti A=Alpha, B=Bravo, C=Charlie, D=Delta, E= Echo, F=Foxtrot, G=Golf, H=Hotel, I=India, J=Juliett, K=Kilo, L=Lima, M=Mike, N=November, O=Oscar, P=Papa, Q=Quebec, R=Romeo, S=Sierra, T=Tango, U=Uniform, V=Victor, W=Whiskey, X=X-ray, Y=Yankee dan Z=Zulu.

Ada juga kode nomor yang menggunakan bahasa Inggris, seperti 1=One, 2=Two, 3=Three, 4=Four, 5=Five, 6=Six, 7=Seven, 8=Eight, 9=Nine dan 0=Zero.

Sejarah radio jadul

Setiap orang yang ingin berkomunikasi melalui IRC atau koneksi radio, harus terlebih dahulu hafal dengan kode alphabet dan nomor tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini