nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Langkah Selamatkan Hubungan yang Rusak, Jangan Diam Saja!

Devia Affiana, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 10:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 22 196 2120052 5-langkah-menyelamatkan-hubungan-yang-rusak-jangan-diam-saja-eiLfAAcL6i.jpg Ilustrasi (Foto: Videoblocks)

Banyak kemungkinan yang bisa terjadi saat Anda berada dalam sebuah hubungan. Bahkan dalam hubungan terkuat sekalipun, Anda mungkin harus menghadapi sebuah keretakan.

Membangun hubungan yang bahagia dan sehat membutuhkan kerja keras karena tidak selalu mudah, terutama jika Anda mendapati salah satu pasangan telah melakukan hal yang dapat merusak hubungan dan kepercayaan.

"Masalah adalah bagian dari kehidupan dan bagian dari hubungan," kata psikolog klinis Stone Kraushaar. "Dan tujuannya adalah untuk tidak terpaku pada masa lalu, tetapi bekerja untuk menciptakan hal yang bermakna."

Laki-laki dan perempuan

Dilansir dari Healthline, Selasa (22/10/2019), berikut adalah langkah-langkah menyelamatkan hubungan yang rusak.

1. Bertanggung jawab penuh jika Anda melakukan kesalahan

Jika ada perselingkuhan atau kepercayaan telah rusak, penting untuk mengambil tanggung jawab penuh atas apa yang terjadi dalam hubungan. Dan memahami bagaimana perilaku Anda menyakiti pasangan. Hindari bersikap defensif atau menghindari kesalahan Anda, tetapi jangan sampai membenci diri sendiri.

2. Berikan kesempatan pada pasangan untuk mendapatkan kembali kepercayaan Anda

Meskipun Anda memiliki hak untuk merasa sakit hati dan marah, harus ada keinginan untuk memperbaiki hubungan.

“Kepercayaan tidak akan pernah bisa dipulihkan sampai orang yang kepercayaannya dilanggar memungkinkan pasangannya mendapat peluang untuk mendapatkannya kembali,” Kraushaar menegaskan.

 Laki-laki dan perempuan

3. Praktikkan transparansi radikal

Jika Anda adalah orang yang melanggar kepercayaan, ini juga berarti bersikap transparan secara radikal dengan diri sendiri tentang apa yang memotivasi Anda untuk melakukannya. Apakah itu hanya kesalahan penilaian? Atau apakah itu merupakan upaya untuk menyabotase situasi yang tidak Anda ketahui cara keluarnya?

 

4. Mencari bantuan profesional

Kepercayaan yang rusak dapat berdampak pada semua orang dalam hubungan. Jika terdapat pelangaran dalam sebuah hubungan yang sangat signifikan, pertimbangkan untuk bekerjasama dengan orang yang berkompeten dalam masalah percintaan seperti terapis, mereka akan memberikan panduan untuk menyelamatkan hubungan Anda.

 

5. Berikan kasih sayang dan perhatian pada orang yang Anda sakiti

Jika Anda telah menyakiti pasangan, mudah untuk jatuh ke dalam rasa malu dan kekecewaan dalam diri. Tetapi itu tidak akan membantu menyelamatkan hubungan Anda. Daripada meratapi kesalahan yang telah Anda perbuat tanpa solusi, lebih baik tunjukkan kasih sayang dan kepedulian pada pasangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini