nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bobotnya Nyaris 3 Kuintal, Carlos Berjuang Mati-matian Melawan Obesitas

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 14:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 194 2120672 bobotnya-nyaris-3-kuintal-carlos-berjuang-mati-matian-melawan-obesitas-m9ojwnBtkM.jpg Carlos melawan obesitas (Foto: VT)

OBESITAS alias kegendutan ternyata memiliki dampak yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Terbukti dengan kisah yang dialami seorang pria bernama Carlos Orosco yang memiliki berat 651lbs atau setara 295 kilogram. Akibat bobotnya yang nyaris 3 kuintal, harapan hidup Carlos pun menjadi tidak pasti.

Tiga tahun lalu, Carlos berjuang untuk hidup melawan penyakit dan obesitas dengan berbagai masalah kesehatan. Ia mengalami beberapa penyakit seperti borok pada kakinya, masalah asam urat ekstrem, tekanan darah tinggi, sleep apnea (gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan berhenti sementara), selulitis, dan infeksi bakteri yang menyebabkan pembengkakan.

 Penderita obesitas

Dengan segudang masalah kesehatan yang dimilikinya, Carlos akhirnya bertemu dengan seorang ahli bedah bariatrik untuk membahas perihal operasi penurunan berat badan. Sang dokter mengatakan Carlos harus menghilangkan kebiasaan makannya dan menyiapkan diri untuk hidup pasca operasi. Klik halaman selanjutnya untuk informasi lebih lengkap mengenai Carlos yang melawan obesitas.

Karena khawatir akan kesehatan, Carlos pun memutuskan untuk mengubah gaya hidup demi orang yang dicintainya. Ia mulai mengurangi makanan fast food dan mulai berjalan secara teratur hingga mampu menurunkan bobotnya sebanyak 100lbs atau 45,3 kilogram dalam waktu enam bulan.

 Kisah Carlos

Sebagaimana dilansir VT, Rabu (23/10/2019) Carlos menjalani operasi penurunan berat badan pada 2016. Usai operasi ia pun bertekad untuk membuat dirinya tetap sehat. Bahkan pada 2017, Carlos mampu menyelesaikan marathon.

"Saya tahu bahwa saudara perempuan dan saudara ipar saya sedang menantikan anak pertama mereka. Saya akan menjadi paman dan perlu sehat sekarang. Saya ingin hidup lama untuk dapat melihat ia tumbuh dewasa. Saya merasa egois, hidup seperti yang telah saya lakukan,” ucap Carlos.

Carlos pun membagikan sedikit cerita tentang operasi bariatrik yang dialaminya. Bagi beberapa orang operasi ini terlihat mudah untuk memecahkan masalah berat badan, namun aslinya hal ini sulit untuk dilakukan. Ia harus berjuang hampir tiap hari untuk mengatasi berat badannya.

 Obesitas

“Beberapa orang tidak menyadari atau memahami pengorbanan mental dan fisik terkait dengan proses ini. Anda harus memiliki orang yang tepat untuk selalu membantu. Mereka harus mengenal, memahami, bertanggung jawab, dan mendengarkan Anda,” lanjutnya.

Berdasarkan semua pengalaman yang dibagikan oleh Carlos, dirinya sukses menurunkan berat badan total sebanyak 475 lbs atau sekira 215 kilogram. Kini ia telah mendapatkan kembali bentuk tubuh yang ideal dan kepercayaan diri pada titik tertinggi sepanjang hidupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini