nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenal Lebih Dekat I Gusti Ayu Bintang Darmavati, Menteri PPPA Kabinet Indonesia Maju

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 17:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 196 2120777 kenal-lebih-dekat-i-gusti-ayu-bintang-darmawati-menteri-pppa-kabinet-indonesia-maju-ZSNYOH0zAe.jpg Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang (Foto : @k_rini_h/Instagram)

Pagi tadi secara resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya menjalankan roda pemerintahan lima tahun ke depan. Dari 34 menteri dan 4 pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, ada wajah-wajah baru. Salah satunya adalah I Gusti Ayu Bintang Darmavati atau yang akrab disapa Bintang Puspayoga.

I Gusti Ayu Bintang Darmavati menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggantikan Yohana Yembise. Di bidang pemerintahan ia sebenarnya bukanlah orang baru. Sudah banyak tugas dan jabatan yang diembannya.

Sekadar informasi, Bintang Puspayoga merupakan istri dari mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia periode pemerintahan 2014-2019, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Gusti Ayu Bintang

Kala menjadi istri menteri, banyak tugas sosial yang dilakukannya, termasuk menjadi penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM. I Gusti Ayu Bintang Darmavati juga banyak berinteraksi dengan pelaku UMKM dan mendukung pengembangan produk.

Perempuan kelahiran 24 November 1968 itu juga pernah menjadi Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja alias perkumpulan para istri menteri.

Gusti Ayu

Namanya tercatat pula sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Ketua Bidang II Penggerak PKK. Di daerah asalnya, ia menjabat sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Denpasar.

Tak hanya di bidang pemerintahan, Bintang Puspayoga ternyata aktif pula di bidang olahraga. Sejak dulu ia sudah menggemari olahraga tenis meja karena melatih konsentrasi dan kebugaran tubuh. Bahkan dirinya pernah menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi pada Oktober 2010 di GOR Sumantri Brojonegoro.

Kegemarannya terhadap tenis meja membuat Bintang Puspayoga pernah menjadi Ketua Pengurus Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMS) Bali. Dirinya juga dikenal sebagai atlet tenis meja di OASE.

Bintang Prayoga

Okezone mengucapkan selamat mengemban tugas baru kepada Bintang Puspayoga sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini