nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Profil Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Baru

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 12:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 406 2120620 profil-wishnutama-menteri-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-baru-h2omyRjovp.jpg Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Foto: wishnutama/Instagram)

Wishnutama resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat pengumuman Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Track record praktisi media televisi kelahiran Jayapura, 4 Mei 1976 ini memang patut diperhitungkan. Nama Wishnutama sempat ramai diperbincangkan publik menyusul kesuksesannya dalam meramu panggung opening dan closing ceremony Asian Games 2018.

 Pria berbaju putih

Kemegahan acara yang disuguhkan Wishnutama dan timnya pada saat itu, berhasil membuat masyarakat Indonesia bangga. Pesta olahraga terbesar di Indonesia itu pun menjadi sorotan banyak media internasional.

Untuk mengenal lebih jauh sosoknya, Okezone telah merangkum profil singkat Wishnutama:

1. Pendidikan

 Mahasiswa

Sejak duduk di bangku SMA, Wishnutama telah mengenyam pendidikan di luar negeri. Ia menghabiskan masa remajanya di Kooralbyn International School di Queensland Australia dan di International School of Singapore.

Setelah lulus SMA, Wishnutama menyelesaikan kuliah Liberal Arts di Mount Ida College, Boston, Amerika Serikat. Namun ia lebih banyak mendapatkan ilmu komunikasi dan pertelevisian pada saat kuliah di Emerson College, Boston.

 

2. Memulai karier di bidang media

 Pria duduk

Tahun 1994, Wishnutama memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan memulai kariernya di dunia media. Kala itu ia diterima bekerja di Indosiar sebagai supervisor on air promotion. Satu tahun kemudian ia pindah ke divisi produksi sebagai production assistant.

Kariernya berkembang pesat hingga dipercaya menjadi executive producer news dan production division. Berbekal portfolio tersebut, ia pindah ke Trans Tv menjadi kepala divisi produksi hingga akhirnya dipercaya menjadi wakil direktur utama.

Tahun 2006, ia ditunjuk menjadi Direktur Utama TV7 yang kemudian berubah nama menjadi Trans 7. Dua tahun kemudian, Wishnutama ditunjuk menjadi Direktur Utama Trans Tv.

Tahun 2013 ia mendirikan NET Mediatama Televisi, sebelum akhirnya mengundurkan diri untuk mengisi kursi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 Pria duduk

3. Penghargaan

Penghargaan yang pernah dia raih baik skala nasional maupun internasional, antara lain Asian Television Award dan Panasonic Awards. Ia juga pernah terpilih menjadi The Best CEO in Indonesia 2010 pilihan sebuah majalah ekonomi dan Indonesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast, TV Pay & Media sector.

4. Dalang di balik kesuksesan Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018

 Acara meriah

Tahun 2018 ia dipercaya untuk menjadi Creative Director (Sutradara Kreatif) Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018. Bila digambarkan secara singkat, Wishnu sukses menonjolkan nilai-nilai kebudayaan Indonesia, melalui serangkaian acara yang dibalut dengan konsep nan megah dan spektakuler.

 

5. Hobi traveling dan menyanyi

 Pria memegang gitar

Di luar kariernya di dunia broadcasting, Tama masih sempat menyalurkan hobinya di bidang musik dengan membentuk dan menjadi pemain Band Soulful Corp. Menilik unggahan di akun Instagram pribadinya, Wishnu juga punya hobi traveling lho, Okezoners!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini