nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pidato Unik Menparekraf Wishnutama saat Sertijab, Bahas BTS hingga Begadang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 23 406 2120890 pidato-unik-menparekraf-wishnutama-saat-sertijab-bahas-bts-hingga-begadang-0LP8oAZeif.jpg Menparekraf Wishnutama (Foto : Kemenpar)

Wisnutama resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Siang tadi, ia telah menjalani upacara serah terima jabatan bersama mantan Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat Rabu (23/10/2019).

Dalam upacara tersebut, Wishnutama memberikan pidato singkat sebagai awal pengenalannya kepada awak media, mitra, dan rekan-rekan di Kementerian Pariwisata. Berikut ulasan lengkapnya.

Saya bukan BTS

Sesaat setelah menaiki mimbar, Menparekraf Wishnutama langsung melontarkan sebuah lelucon kocak kepada para tamu undangan. Kejadian ini berlangsung ketika ia mendapat tepuk tangan yang sangat meriah dari para pegawai muda Kementerian Pariwisata.

Menpar Wishnu

Mendengar sambutan tersebut, Wishnutama mengatakan bahwa dirinya bukanlah personil BTS (idol group Korea).

"Meriah sekali, tapi saya bukan BTS, dan terima kasih sambutan hangatnya. Nanti saya akan datang ke kantor kalian. Kalau perlu kantor saya pindah-pindah, jangan di satu ruangan saja," kata Wishnutama disambut gelak tawa para tamu undangan.

Analogi menohok

Dalam kata sambutannya, Wishnutama mengajak para pegawai Kementerian Pariwisata untuk membuat perubahan dan harus berani keluar dari zona nyaman. Menariknya, pernyataan tersebut ia balut dalam sebuah analogi yang sangat menohok.

"Jaman dulu ada club bola di Inggris. Dulu dia selalu juara. Tapi tiba-tiba performanya menurun enggak naik-naik layi. Kata pelatihnya, mereka sudah terlalu sering dan terlalu lama melakukan hal yang sama," ungkap Wishnutama.

"Kadang-kasang kita perlu merasakan dan melalukan sesuatu yang agak berbeda. Sehingga secara psikologis kita merasakan adanya perubahan," timpalnya.

Memuji Arief Yahya

Menparekraf Wishnutama mengaku sangat kagum dan menghormati mantan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Bahkan dalam pidatonya, ia menyinggung sejumlah prestasi yang berhasil diraih oleh pria asal Banyuwangi itu.

Sertijab Menpar

"Pak Arief Yahya itu orang yang sangat saya kagumi. Dari dulu saya sering memperhatikan beliau, best CEO, Marketer of The Year, eh sekarang saya beneran ngikutin dia jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," tutur Wishnutama.

Siap belajar

Pada sesi konferensi pers, Wisnutama mengatakan bahwa ia siap mempelajari pariwisata Indonesia lebih lanjut demi memaksimalkan potensi yang ada.

"Saya belum tahu banyak, tapi saya pasti mau tahu banyak. Kalau di kantor sebelumnya saya tidak pernah les, mungkin di sini bisa sampai jam 12 malam lesnya," ujar Wishnutama sembari tertawa kecil.

Wishnu tidak memungkiri bahwa pariwisata memiliki banyak kesamaan dengan pekerjaannya yang sebelumnya.

"Industrinya enggak jauh-jauh dengan industri media. Hampir sama. Kita selalu bekerja sampai malam, bahkan lebaran dan tahun baru pun tetap masuk," tegas Wishnu.

"Intinya saya perlu waktu. Insya Allah dengan dukungan dari teman-teman dan para generasi muda, semua akan berjalan lancar," tambahnya.

Wishutama begadang

Begadang

Sebelum menutup pidato, Wishnu menuturkan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada para tamu undangan bila pidato singkatnya jauh dari kata sempurna dan tidak menarik.

"Mohon maaf kalau banyak kekurangan dari speech saya. Saya belum tidur karena tadi harus merapat ke Istana jam 7 pagi. Malamnya saya masih kerja pulang jam setengah tiga dini hari. Saya bela-belain tidak tidur karena setengah 6 pagi sudah harus jalan lagi," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini