nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Profil Dokter Terawan, Pernah Dipecat IDI hingga Jadi Menteri Kesehatan

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 09:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 481 2120540 profil-dokter-terawan-pernah-dipecat-idi-hingga-jadi-menteri-kesehatan-m4gmCYSPzQ.jpg Dokter Terawan saat ke Istana (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Dokter Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Dia menjadi salah satu deretan wajah baru menteri yang masuk ke gerbong Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf.

Memakai batik nuansa coklat, pagi ini Dokter Terawan Agus Putranto pun merapat ke Istana Negara. Dia masuk dalam barisan menteri Kabinet Indonesia Maju.

Mengenal sosoknya, Dokter Terawan Agus Putranto di dunia medis sudah tak asing. Banyak track record-nya yang bisa Anda simak berikut ini, dirangkum Okezone, Rabu (23/10/2019).

 Pria berbaju putih

Dikenal sebagai Dokter Cuci Otak

Di RSPAD Gatot Subroto, Dokter Terawan Agus Putranto punya banyak pasien cuci otak dari berbagai kalangan. Lewat inovasinya Digital Substraction Angiogram (DSA), banyak pasien stroke atau penyakit gangguan saraf sembuh diterapi Dokter Terawan Agus Putranto. Termasuk dari kalangan pejabat, seperti Jusuf Kalla hingga Aburizal Bakrie yang pernah diterapi dengan metode DSA.

Pernah dipecat IDI

Dokter Terawan Agus Putranto sangat fenomenal karena dikenal sebagai dokter cuci otak, lewat inovasi tindakan medis Digital Substraction Angiogram (DSA) yang dilakukan. Meskipun berhasil menyembuhkan penyakit dia harus dipecat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

IDI menganggap bahwa Dokter Terawan Agus Putranto telah melanggar kode etik, karena dianggap memuji diri sendiri atau mengiklankan dirinya. Namun demikian, teknik penyembuhan gangguan saraf yang dipakai olehnya itu jadi kontroversi.

Dokter asli Jawa

Dokter Terawan Agus Putranto sosoknya santun dan ramah khas sekali pria Jawa. Setiap bertemu Dokter Terawan Agus Putranto selalu senyum dan mengedepankan unggah-ungguh. Dia lahir di Yogyakarta 5 Agustus 1964, sampai sekarang Dokter Terawan Agus Putranto pun tampil bugar dan tetap gagah karena dirinya memang ada latar belakang Angkatan Darat.

Mendalami bidang Radiologi

Tahun 1990, Dokter Terawan Agus Putranto lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada. Lalu dia mendalami bidang Radiologi, mendalami studi spesialis di Universitas Airlangga. untuk menunjang pelayanan dan menambah keilmuannya, Dokter Terawan Agus Putranto menempuh program doktor di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar dan lulus pada 2013. Di sela menimba ilmu di dunia medis Dokter Terawan Agus Putranto juga.

Menjabat sebagai Kepala RSPAD Gatot Subroto

Sejak tahun 2015, Dokter Terawan Agus Putranto menjabat sebagai Kepala RSPAD Gatot Subroto. Ilmunya di dunia medis pun mumpuni, sampai dia juga ditunjuk sebagai dokter kepresidenan. Ketika Ani Yudhoyono meninggal dunia di Singapura, Dokter Terawan Agus pun ikut turun tangan.

Ini program kerjanya saat jadi menkes

Menjadi Menteri Kesehatan, Dokter Terawan Agus Putranto bakal memperkuat BPJS Kesehatan dan menuntaskan stunting. Dia siap mengemban amanah lain di bidang medis Indonesia demi kepentingan masyarakat. Diharapkan pula dia dapat bekerja produktif dan serius dalam bekerja lima tahun mendatang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini