nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Muda Wajib Tahu, Ini Cara Jitu Ajari Anak Konsumsi Makanan Sehat

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 21:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 23 481 2120893 ibu-muda-wajib-tahu-ini-cara-jitu-ajari-anak-konsumsi-makanan-sehat-qNInr1d2qO.jpg Makan bersama ajarkan makan sehat (Foto: Unlockfood)

DI zaman yang serba modern ditambah kegiatan sehari-hari yang padat. Makan bersama keluarga, sekarang bisa dibilang jadi sebuah kegiatan yang langka. Padahal makan bersama keluarga merupakan momen yang paling tepat, yang bisa digunakan oleh orangtua untuk mengajarkan kebiasaan konsumsi makanan sehat dan gizi seimbang kepada anak.

Sebab, aktivitas makan bersama dapat menjadi waktu yang bermanfaat bagi para orangtua untuk memberikan pengaruh baik dan mendorong kebiasan anak untuk mengonsumsi makanan sehat.

Anak makan sehat

Dikatakan oleh Saskhya Aulia Prima, psikolog anak, kegiatan makan bersama sebagai satu keluarga ini sangat dianjurkan. Salah satu manfaatnya, bisa mengajari anak soal manajemen rasa lapar serta agar anak memilik makanan sehat untuk dikonsumsi.

“Membiasakan memiliki rutinitas makan yang jelas, dapat melatih anak untuk merasakan rasa lapar porsi yang dimakan anak jadi maksimal. Melalui kegiatan makan bersama, orangtua bisa mengingatkan anak tentang menjaga kebiasaan higienis. Contohnya cuci tangan dengan sabun, sampai memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak,” tutur Saskhya, kala ditemui Okezone, Rabu (23/10/2019) di kawasan Jakarta Selatan.

 Makanan sehat

Tidak hanya soal teknis kebiasaan makanan sehat. Dengan kegiatan makan bersama sebagai satu keluarga, orangtua juga bisa membatasi pemakaian gadget saat makan untuk bisa meningkatkan interaksi antar anggota keluarga, yang mana bermanfaat untuk perkembangan kemampuan sosial dan emosional anak.

Sashkya menambahkan, ternyata soal makan makanan sehat pun anak itu pada dasarnya memiliki role model. Maka dari itu, tingkah laku orangtua sangat penting.

 Anak makan sehat

“Anak punya role model dalam memakan makanan sehat. Makanya peranan orangtua itu sangat penting, contoh kalau lagi makan sama anak ya kita orangtua sayurnya jangan dipisahin. Value ini diingat anak seterusnya. Penting pula, orangtua untuk tidak memberi label baik, buruk, enak dan tidak enak pada makanan. Supaya anak nantinya tidak membatasi eskplorasinya dalam memilih makanan,” tutup Sashkya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini