nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hal Unik dari Pengumuman Menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 10:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 612 2120557 5-hal-unik-dari-pengumuman-menteri-kabinet-indonesia-maju-jokowi-GValiRGmIz.jpg Kabinet Indonesia Maju (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan susunan menteri dan pejabat setingkat menteri yang masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Rabu (23/10/2019).

Didampingi oleh Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, pengumuman dilakukan di beranda Istana Negara. Ada beberapa perbedaan dan hal unik terkait pengumuman Kabinet Indonesia Maju.

 

1. Perubahan nama kabinet

Pertama, bila pada periode pemerintahan 2014-2019 nama Kabinet Indonesia Kerja diusung untuk para menteri, pada periode pemerintahan 2019-2024 Presiden Jokowi memilih menyematkan nama Kabinet Indonesia Maju.

 Duduk bersama di teras Istana Negara

Hingga berita ini ditulis, belum ada penjelasan dari presiden mengenai perubahan nama tersebut. Namun besar kemungkinan ada hubungannya dengan pidato kenegaraan beberapa waktu lalu yang mengangkat tema "SDM Unggul Indonesia Maju".

2. Waktu pengenalan menteri

Tahun 2014 lalu, Presiden Jokowi mengumumkan para menteri yang ada di kabinetnya pada sore hari sekira pukul 17.30 WIB. Namun kali ini, pengumuman Kabinet Indonesia Maju dilakukan di pagi hari sekira pukul 08.30 WIB.

3. Perbedaan cara mengumumkan menteri

 Duduk bersama di teras Istana Negara

Pada 2014 lalu, Presiden Jokowi berada di tengah lapangan Istana Negara sambil membacakan nama menteri dan jabatannya. Para menteri yang disebut kemudian berlari dari pinggir lapangan menuju bagian tengah.

Namun di tahun ini, Presiden Jokowi memilih untuk membacakan nama-nama menteri beserta jabatannya sambil duduk lesehan di tangga bagian depan istana. Para menteri juga ikut duduk lesehan di sisi kanan dan kiri presiden serta wakil presiden. Saat namanya disebut, para menteri akan berdiri sejenak.

4. Busana yang dikenakan oleh para menteri

Pada 2014 lalu, para menteri yang masuk Kabinet Kerja mengenakan atasan putih dan bawahan hitam. Tapi pada tahun ini, para menteri kompak mengenakan busana batik lengan panjang sebagai atasan dan bawahan berwarna hitam. Sebelumnya, pada saat memenuhi panggilan Presiden Jokowi, para calon menteri juga mengenakan kemeja putih.

 Foto bersama

5. Pesan Jokowi untuk para menteri

Seusai memperkenalkan 34 nama menteri dan 4 pejabat setingkat menteri, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa pesan. Salah satu pesan yang menarik adalah jajaran menteri dalam Kabinet Indonesia Maju diminta menghindari aktivitas kerja yang monoton. Selamat bekerja untuk para menteri!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini