nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nadiem Makarim Jadi Mendikbud, Ini Reaksi Kocak Netizen Sampai Minta Cashback Bayar SPP

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 10:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 612 2120571 nadiem-makarim-jadi-mendikbud-ini-reaksi-kocak-netizen-sampai-minta-cashback-bayar-spp-BDed9eMW48.jpg Nadiem Makarim (Foto: Okezone)

Mantan CEO Gojek Indonesia Nadiem Makarim resmi ditetapkan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudyaan (Mendikbud) dalam Kabinet Indonesia Maju.

Kabar ini diumumkan Presiden Joko Widodo sambil 'nongkrong' di tangga Istana Negara. Nadiem Makarim diharapkan dapat membuat terobosan signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan menyiapkan SDM siap kerja.

Mengetahui informasi ini, netizen di media sosial langsung ramai membahasnya. Ya, keputusan yang dibuat Jokowi ini merupakan keputusan inovatif, karena dia menunjuk generasi milenial berprestasi untuk bisa bekerja di Kabinet Indonesia Maju.

 Pria berbaju putih

Nadiem Makarim sendiri merupakan menteri termuda sepanjang sejarah. Di pelantikannya ini, tercatat bahwa usia Nadiem masih 35 tahun, tepatnya ia lahir pada 4 Juli 1984.

Terlepas dari itu semua, kabar Nadiem menjadi Mendikbud pun trending topic di Twitter. Banyak netizen yang merasa kaget sekaligus senang dengan penetapan ini. Komentar yang dilontarkan netizen pun tak sedikit yang bikin senyum-senyum sendiri.

Seperti beberapa pandangan netizen berikut ini yang sudah memprediksi bagaimana kemudian Nadiem bekerja sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Berikut ulasannya:

1. Bayar SPP dapat cashback

 Twitter

Dituliskan netizen @mrizqillahrusli, salah satu program yang bakal diterapkan Nadiem Makarim ketika dia sudah bekerja sebagai Mendikbud adalah aturan bayar SPP sekolah yang kemudian dapat cashback. Siapa yang setuju?

2. Nggak usah ada piket!

 Twitter

Netizen bernama @Patiiyem juga berpandangan, saat Nadiem Makarim sudah bekerja sebagai Mendikbud, anak sekolah nggak usah capek-capek lagi piket kebersihan. Sebab, semua akan dikerjakan GoClean.

 

3. Bayar uang sekolah pakai GoPay

 Twitter

Salah satu yang banyak digemakan netizen setelah penetapan Nadiem menjadi Mendikbud ialah bayar uang sekolah pakai GoPay. Seperti yang diutarakan @erfian_agst ini. Hayo, siapa yang setuju ini berlaku?

 

4. Peraturan Mendikbud ala Nadiem

 Twitter

Netizen dengan akun @Ranggadevv bahkan coba menerawang peraturan apa yang nantinya bakal diterapkan Nadiem saat dirinya sudah melakukan pekerjaannya sebagai Mendikbud. Peraturan tersebut antara lain:

1. Penilaian bukan pakai angka lagi, tapi pakai bintang.

2. Bayaran nggak pakai TU lagi, tapi pakai GoPay.

3. Yang sering bolos langsung suspend.

4. Kalau ada PR bukan sesuai materi, tapi sesuai aplikasi.

 

5. Bintang untuk guru

 Twitter

Keputusan Presiden Jokowi menunjuk Nadiem Makarim sebagai Mendikbud ternyata akan berdampak pada guru seluruh Indonesia. Seperti yang dikatakan @Setyads11, jadi setelah selesai mengajar, guru akan minta ke anak muridnya, 'Jangan lupa bintang 5 ya.'

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini