nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak Bersama si Kecil, Ini Dampaknya untuk Tumbuh Kembang Anak

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 24 298 2121284 masak-bersama-si-kecil-ini-dampaknya-untuk-tumbuh-kembang-anak-W1eDzEW0aU.jpg Masak bersama si kecil (Foto: Shutterstock)

BANYAK kegiatan yang bisa dilakukan untuk “bonding” atau menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Misalnya masak bersama si kecil.

Selain menyenangkan, nyatanya banyak manfaat yang bisa didapatkan anak dari aktivitas seperti masak bersama dengan orangtuanya.

Makan bersama

Seperti dikatakan oleh Saskhya Aulia Prima, psikolog anak, manfaat dari masak bersama bisa diperoleh anak bukan hanya soal hubungan atau interaksi yang lebih akrab saja. Namun juga berpengaruh ke perihal eksplorasi makanan.

“Anak bisa eksplorasi makanan langsung. Jadi buat dia yg tadinya enggak pernah tahu makanan tertentu atau enggak suka makanan tertentu ketika eksplor sendiri dia ambil, dia buat, mencoba sendiri makanannya akhirnya mau nyobain makanan, yang mana mungkin awalnya Enggak mau sama sekali,” ujar Sashkya saat dijumpai Okezone belum lama ini di Jakarta Selatan.

Masak bersama

Di sisi lain, dengan memasak bersama anak, sebagai orangtua juga kita bisa mengajarkan tentang makanan sehat dengan cara yang lebih menyenangkan, sehingga anak akan jauh lebih bisa menerima. Ketimbang didikte atau diperintah secara langsung untuk mengonsumsi makanan sehat.

Sebab ketika memasak, maka mindful atau secara sadar semua prose dilakukan oleh anak. Mulai dari mengambil bahan-bahan makanan, memotong, proses masak sampai proses terakhir membentuk makanannya. Dengan semua proses belajar yang terjadi, ini supaya anak termotivasi utk makan makanan sehat tersebut.

Masak bersama

“Saat masak bisa diceritain bahan ini apa manfaatnya, jadi anak tahu gimana kalau dia sukanya sayuran atau buah tertentu biar lebih menyenangkan buat dia makan. Jadi anak juga punya kesadaran pribadi untuk mengonsumsi makanan sehat lewat berbagai cara,” tukasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini