nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menparekraf Wishnutama Ingin Manjakan Tak Hanya Wisatawan Mancanegara, Tapi Juga Lokal

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 10:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 24 406 2121069 menparekraf-wishnutama-ingin-manjakan-tak-hanya-wisatawan-mancanegara-tapi-juga-lokal-ChlOxYWwCF.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengaku terkejut saat diminta Presiden Jokowi bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Hal tersebut ia ungkapkan saat menghadiri upacara serah terima jabatan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Kementerian Pariwisara, Jakarta Pusat. Wishnutama mengatakan, ia memang menerima panggilan untuk mengisi kabinet menteri, namun pada awalnya ia diproyeksikan untuk posisi yang berbeda.

"Ini benar-benar surprise banget. Jujur, setau saya, saya memang sempat dibicarakan untuk jadi menteri tapi enggak tahu bakalan ke sini (Kementerian Pariwisata)," kata Menparekraf Wishnutama.

mengingat selama ini ia lebih banyak berkecimpung di industri media.

Menurutnya, mengembangkan sektor pariwisata merupakan tantangan tersendiri, mengingat selama ini ia lebih banyak berkecimpung di industri media.

Meski demikian, berbekal ilmu yang ia miliki, Wishnutama percaya dapat memberikan kontribusi besar bagi kemajuan pariwisata Indonesia.

Memang, track recordnya memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kesuksesannya pada 2018 saat dipercaya menjadi Creative Director (Sutradara Kreatif) Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018, menjadi salah satu modal besar untuk berbicara di kancah internasional.

Kala itu, Wishnutama sukses menonjolkan nilai-nilai kebudayaan Indonesia, melalui serangkaian acara yang dibalut dengan konsep nan megah dan spektakuler. Alhasil, perheletan Asian Games 2018 lalu berhasil membuat bangga masyarakat Indonesia bangga, dan menjadi sorotan banyak media internasional.

Wishnutama sukses menonjolkan nilai-nilai kebudayaan Indonesia,

"Ini sesuatu yang baru buat saya. Saya belum tahu banyak, tapi saya pasti mau tahu banyak dan akan terus belajar," tegas Wishnutama.

Pria kelahiran Jayapura itu kemudian membeberkan pesan Presiden Joko Widodo saat dipanggil ke Istana Negara. Menurut penuturan Wishnu, Presiden Jokowi meminta agar ke depannya Kementerian Pariwisata dapat membuat terobosan baru, dan jangan terlalu nyaman dengan pencapaian-pencapaian yang sudah ada.

"Pesan beliau hanya satu, fokus dan maksimalkan potensi sehingga Indonesia memiliki daya tarik yang kuat di mata wisatawan lokal maupun mancanegara," tukasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini