nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dirut BPJS Optimis Program JKN di Tangan Dokter Terawan Berjalan Lancar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 07:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 24 481 2120979 dirut-bpjs-optimis-program-jkn-di-tangan-dokter-terawan-berjalan-lancar-SSZwmelEEG.JPG Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris (Foto: Leo Selwyn/Okezone)

Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Dokter Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan periode 2019-2024 diprediksi bakal berdampak positif bagi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pasalnya Direktur Utama BPJS, Fachmi Idris sudah mengenal Menkes sejak lama.

Fachmi meyakini pembenahan program JKN akan berjalan lancar karena mendapat dukungan dari Menkes Dokter Terawan. Hal ini ia sampaikan usai menghadiri Malam Anugerah Lomba Karya Jurnalistik 2019 di Sleman, Yogyakarta pada Rabu 23 Oktober 2019.

 Pria berdiri

"Saya kenal beliau sudah lama sekali sejak saya ketua kepengurusan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah kenal," terang Fachmi, kepada Okezone.

Sejak dipilih menjadi menteri kesehatan dalam kabinet Indonesia Maju bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’aruf Amin, Fachmi mengaku telah mengucapkan selamat kepada Terawan secara pribadi. Ucapan selamat tersebut ia sampaikan melalui pesan singkat WhatsApp.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) juga akan melakukan acara pisah sambut sekaligus serah terima jabatan antara Nila Faried Moeloek dengan Dokter Terawan pada Kamis (24/10/2019) malam. Pada kesempatan itulah Fachmi ingin berbicara banyak seputar program JKN.

Dengan dilakukannya pertemuan tersebut, diharapkan program JKN bisa berjalan dengan mulus. Khususnya pada kementerian atau lembaga yang telah terjalin dalam pelaksaan program JKN-KIS. Fachmi pun berharap agar koordinasi yang sebelumnya telah berjalan dengan baik, ke depannya bisa terus berlanjut.

 Laki-laki dan perempuan

“Apa yang selama ini komunikasi antar lembaga antara BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan yang sudah baik selama ini ya kita lanjutkan," lanjut Fachmi.

Di sisi lain, Fachmi pun bersyukur dengan hasil pemilihan kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Pasalnya jabatan Menteri Keuangan masih dipimpin oleh Sri Mulyani Indrawati yang notabene telah mengetahui secara mendalam seluk beluk persoalan yang dialami BPJS.

“Kalau Menteri Keuangan berarti kita tidak mulai dari nol lagi, beliau sudah paham dengan persoalan. Saya harap penyesuaian iuran JKN yang telah disepakati oleh pemerintah segera ditetapkan dan dilaksanakan,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini