nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 Tips Dapatkan Kulit Bersih dan Bebas Jerawat Tanpa Mahal

Devia Affiana, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 24 611 2121126 11-tips-dapatkan-kulit-bersih-dan-bebas-jerawat-tanpa-mahal-qVXivYNGxo.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Terkadang sulit mengetahui apa yang kita butuhkan agar kulit tetap sehat. Berbagai produk kecantikan kulit dan kosmetik merajalela dengan embel-embel memberikan kulit bersih.

Namun alih-alih membeli banyak produk perawatan kulit, Anda bisa mendapatkannya dengan beberapa tips ini. Dilansir dari Healthline, Kamis (24/10/2019), ini 11 tips mendapatkan kulit bersih bercahaya dan halus tanpa mahal.

1. Cuci muka dua kali sehari

Jika Anda cenderung berjerawat atau memiliki kulit berminyak, jangan malas untuk mencuci wajah di pagi dan malam hari. Pada sebuah penelitian ada peningkatan perubahan signifikan pada kulit bagi mereka yang mencuci wajah dua kali sehari.

 Perempuan cuci wajah

2. Gunakan pembersih ringan

Banyak produk perawatan wajah yang ditawarkan di toko-toko. Untuk memilihnya, coba mencari tahu terlebih dahulu pembersih muka yang cocok untuk tipe kulit Anda. Pembersih ringan tanpa banyak bahan dan wewangian dapat bekerja sama baiknya dengan pembersih muka yang mahal.

 

3. Oleskan serum anti jerawat

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), banyak terapi topikal dapat membantu melawan jerawat. Kunci untuk menemukan yang paling efektif bagi Anda adalah mengetahui jenis jerawat apa yang Anda miliki.

1. Jerawat komedo (komedo dan benjolan serupa). Cari produk yang mengandung retinoid seperti adapalene gel (Differin).

2. Jerawat ringan. Benzoil peroksida topikal dapat membantu melawan jerawat ringan, baik sendiri atau bersama dengan retinoid topikal.

3. Jerawat peradangan. Direkomendasikan gel 5% dapson topikal, terutama pada wanita dewasa.

4. Jerawat dengan jaringan parut. Kandungan asam azelaic dapat membantu mengurangi jerawat dan risiko jaringan parut jerawat.

4. Oleskan pelembap

Carilah pelembap yang noncomedogenic karena kandungannya tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pelembap berlabel "ringan" mungkin yang terbaik untuk mencegah perasaan yang berat dan berminyak. Dengan begitu kulit bersih bisa Anda dapatkan.

 

5. Eksfoliasi

Pengelupasan dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang berlebih. Jika sel-sel ini tinggal di kulit Anda terlalu lama, mereka dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Memiliki penumpukan sel-sel mati di wajah Anda juga dapat membuat kulit terlihat kusam, bersisik, atau menua sebelum waktunya.

Metode pengelupasan kulit berikut dapat membantu membersihkan kulit kering dan mati:

1. Masker asam salisilat 2 persen

2. Masker atau lotion asam glikolat 10% atau kurang

6. Tidur yang cukup

Tidak cukup tidur juga dapat menyebabkan kulit Anda lebih kering. Penulis penelitian berteori bahwa kurang tidur, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan tubuh melepaskan senyawa inflamasi. Senyawa ini bisa menyebabkan kulit pecah atau memperburuk jerawat. Agar tetap sehat baik di dalam maupun di luar, jam tidur yang berkualitas baik, itu di antara 7-9 jam.

 Perempuan memencet jerawat

7. Pilih riasan yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda

Sebuah studi 2013 Trusted Source menemukan bahwa orang yang menggunakan kosmetik tampaknya lebih cenderung mengalami jerawat. Untuk memastikan rutinitas makeup Anda ramah kulit, pastikan gunakan produk yang berlabel "noncomedogenic" atau bebas minyak; selalu cuci tangan Anda sebelum merias wajah; selalu bersihkan rias wajah sebelum tidur atau berolahraga; dan cuci kuas makeup dan spons setiap minggu.

8. Jangan menyentuh jerawat

Sangat sulit untuk tidak menyentuh atau memencet jerawat. Tetapi, untuk kesehatan kulit, sangatlah penting untuk tidak menyentuhnya. Memegang dan memecahkan jerawat dapat membuat pori-pori Anda berbakteri. Termasuk bakteri tangan Anda juga dapat meningkatkan risiko infeksi pada kuit.

Jika Anda memiliki jerawat yang sangat menyakitkan, kunjungi dokter kulit. Mereka dapat melakukan perawatan khusus untuk menghilangkan jerawat dengan aman dan juga meminimalisir risiko infeksi.

9. Santai

Beberapa penelitian, termasuk satu dari 2017 Trusted Source, telah menunjukkan hubungan antara stres dan jerawat. Jika Anda berurusan dengan peristiwa yang membuat stres, cari cara yang sehat untuk menghilangkan stres, misalnya:

1. Berolahraga dengan intensitas tinggi hingga sedang selama setidaknya 30 menit

2. Melakukan latihan pernapasan

3. Melakukan yoga

4. Meditasi selama beberapa menit

5. Berlatih terapi suara, seperti memainkan alat musik atau mendengarkan musik favorit Anda.

10. Hindari gula

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat dikaitkan dengan jerawat. Untuk mengurangi makanan dengan indeks glikemik tinggi cobalah untuk membatasi karbohidrat olahan, seperti roti putih dan makanan yang dipanggang; kurangi soda manis dan permen; makan lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein yang sehat; serta batasi konsumsi alkohol.

11. Hindari merokok

Ada banyak bukti ilmiah yang menghubungkan merokok dengan risiko jerawat yang lebih tinggi. Satu studi termasuk wanita dari 25 hingga 50 tahun yang memiliki jerawat. Para penulis penelitian ini menemukan bahwa hampir 73 persen dari peserta yang merokok memiliki jerawat, sementara hanya 29,4 persen dari wanita yang tidak merokok memiliki jerawat atau bentuk jerawat lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini