nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ritual Mistis Makeup Pengantin Jawa dengan Ajian Pengasih Sembogo Cahyo, Pancarkan Aura Kecantikan Maksimal

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 17:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 24 612 2121233 ritual-mistis-makeup-pengantin-jawa-dengan-ajian-pengasih-sembogo-cahyo-pancarkan-aura-kecantikan-maksimal-DyUEV10qSb.jpg Ajian untuk pengantin (Foto: Theweddingvow)

KECANTIKAN pengantin saat menikah tak perlu dipertanyakan. Hal ini bisa terlihat karena aura bahagia yang dipancarkan si perempuan. Tapi, beberapa orang percaya kecantikan itu terpancar berkat bantuan makeup pengantin yang diisi mantra atau melakukan ritual mistis.

Ya, ada beberapa makeup pengantin yang kemudian memasukkan ajian pengasih pada diri pengantin dengan ritual mistis. Upaya ini dilakukan dengan maksud memaksimalkan aura yang dimiliki si perempuan di hari spesialnya tersebut. Beberapa orang menyebutnya dengan 'manglingi'.

Ā Ilustrasi makeup pengantin

Nah, belum lama ini beredar di media sosial sebuah ritual makeup pengantin Jawa yang melakukan ritual khas tersebut. Belum dipastikan juga kebenaran video tersebut, namun dari situ kita bisa lihat bagaimana si makeup artis melakukan sebuah ritual yang cukup unik yaitu menyemburkan asap rokok ke wajah si pengantin.

Video tersebut dibagikan akun Instagram @inspirasipengantin. Dalam captionnya, pemilik video menuliskan penjelasan, ritual yang dilakukan diberi nama 'Ajian Pengasih Sembogo Cahyo' yang dimaksudkan agar aura kecantikan mempelai perempuan terpancar maksimal.

Ā 

"Sembogo. Ini adalah salah satu mantra atau disebut dengan Ajian Pengasih Sembogo Cahyo. Agak mistis, tapi ini adalah salah satu dari banyaknya adat budaya Indonesia," tulis caption video itu.

Lantas bagaimana cara kerja ritual mistis ini?

Dapat kita lihat bersama, si perias yang mengenakan kebaya hijau berbahan silk memegang rokok dan tubuh si perempuan. Kemudian, di luar kamera terdengar suara laki-laki yang ternyata bertugas membacakan mantra Ajian Pengasih Sembogo Cahyo.

Diawali dengan 'Bismillahirohmanirohim' mantra pun diucapkan. Berikut mantra Ajian Pengasih Sembogo Cahyo;

"Coyo coyo nur cahyo. Cahyaku mening celoko. Dadaku mancur koyo kencono. (Pyuuh) prapatan pendito sono. Ora ono wong lanang sejati. Aku sejatine wong lanang."

Tidak bisa dipastikan kebenaran mantra tersebut. Namun, Anda bisa lihat, saat mantra dibacakan si perias pengantin menyemburkan beberapa kali asap rokok dari mulutnya langsung ke wajah si pengantin perempuan.

Mengetahui adanya video ritual mistis ini, netizen pun ramai-ramai mengomentari aksi 'sesat' tersebut. Bahkan, beberapa di antara mereka menyatakan, si pengantin seharusnya menolak ritual itu karena sudah sangat cantik.

"Bagi Muslim, ritual seperti ini termasuk syirik," tegas @busadri_m.

"Orang bule nggak perlu pakai mantra jampi-jampi udah cantik banget. Bingung," ungkap @inspirasi_pengantin10.

"Yang punya TB bisa nular itu," celetuk @habibatum.

"Iih, cantik-cantik nanti pas cipika-cipiki bau rokok dong," ucap @wiwindaa_.

"Kenapa harus pakai Bismillah? Jelas-jelas ini adalah bentuk syirik yang dilarang Islam," komentar @dhiije.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini