nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhat Eka, Rumahnya Pernah Diteror Hantu Kuyang yang Mau Ambil Adiknya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 22:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 24 612 2121372 curhat-eka-rumahnya-pernah-diteror-hantu-kuyang-yang-mau-ambil-adiknya-ErdfLvoTU7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BELUM lama ini masyarakat dikejutkan dengan upaya penangkapan hantu kuyang di Kalimantan. Setan yang satu ini berhasil ditangkap dengan bantuan sapu lidi.

Hantu kuyang memang menjadi urban legend yang masih eksis sampai sekarang di Kalimantan. Hantu ini wujudnya seperti leak khas Bali, hanya ada kepala dan organ dalamnya terbujur keluar. Kuyang mengincar mereka yang sedang hamil karena bayi adalah makanan utamanya.

Makanya, masyarakat Kalimantan akan sangat menjaga ibu hamil dari teror kuyang ini. Seperti yang dilakukan Eka (bukan nama sebenarnya). Bercerita pada Okezone, dirinya pernah mengalami langsung teror kuyang di rumahnya.

Lantas, bagaimana hantu kuyang ini mengincar bayi yang ada di perut mamanya?

Lantas, bagaimana hantu kuyang ini mengincar bayi yang ada di perut mamanya?

Eka menuturkan, kisah ini terjadi saat dirinya masih kecil, sekira 7 tahun. Saat itu, mamanya baru saja melahirkan bayi yang merupakan adiknya sekarang. Sementara itu, tetangganya tengah hamil 5 bulan lebih.

Menurut penjelasan warga, ada sosok kuyang yang mengincar rumah Eka dan tetangganya. Hantu itu terlihat mondar-mandir di sekitar rumahnya dan beberapa kali kepergok tapi lolos.

Singkat cerita, Eka pergi salat Subuh bersama temannya di langgar saat bulan Ramadan. Sebelum pergi salat, dia mendengar ada suara 'sst sst', tapi saat dicek tidak ada seorang pun di dekatnya.

Karena penasaran dan suaranya muncul kembali, Eka memberanikan diri untuk pergi ke arah loteng rumahnya. Tak disangka, dia melihat sesosok makhluk halus yang kala itu wujudnya tak begitu jelas terlihat. "Awalnya aku ragu itu apa, tapi pas aku lihat dengan jelas ternyata itu setan kepala doang gitu," ungkapnya.

Loteng tempat dia melihat hantu kepala itu begitu gelap. Makanya Eka merasa kurang yakin dengan apa yang dilihatnya. Agar dirinya puas, dia dan temannya mendekati wujud tak jelas tersebut dan dia kaget bukan kepalang, apa yang dia lihat adalah kuyang.

Loteng tempat dia melihat hantu kepala itu begitu gelap. Makanya Eka merasa kurang yakin dengan apa yang dilihatnya

Hantu itu ada di dalam kegelapan loteng dan saat Eka semakin fokus melihat wujudnya, kepala tersebut bergerak ke arah kanan. Eka seketika berteriak dan lari dengan perasaan sangat takut.

Esok harinya dia baru cerita ke mamanya. Malah, tantenya sendiri membenarkan cerita tersebut karena dia juga melihat sosok Kuyang di rumah Eka. Hantu tersebut terlihat sering datangi rumah Eka dan tetangganya.

"Itu kuyang, soalnya dia ngincer tetangga yang lagi hamil dan sebelumnya ngincer rumahmu," ungkap Eka menirukan ucapan tantenya.

Meski diteror, Eka menjelaskan kalau bayi adiknya itu untungnya selamat dari teror kuyang. Hal ini karena mamanya menempatkan bawang merah dan buku yasin di samping bayi adiknya. "Ari-ari adikku juga tidak dikuburkan di rumah, jadi hantu kuyang tidak ada lagi di sekitaran rumah setelah itu," tambah Eka.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini