nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Misteri Burung Babat di Tanah Kalimantan, Pertanda Adanya Kematian

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 01:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 24 612 2121392 misteri-burung-babat-di-tanah-kalimantan-pertanda-adanya-kematian-zmMzkUHjFM.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TANAH Kalimantan menyimpan banyak cerita, tak terkecuali urusan mistis. Di beberapa wilayah di sini bahkan masih mempercayai 'takhayul' leluhur dan menjadi budaya sehari-hari.

Dari beberapa kisah mistis yang santer terdengar di Kalimantan, cerita keberadaan Burung Babat Mayat cukup menjadi perhatian. Burung ini hidup bebas di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Keindahan tubuhnya ternyata menyimpan mitos paling menakutkan.

Ya, jika Anda melihat burung ini di saat menjelajah Sungai Sekonyer, maka Anda mesti waspada. Sebab, ada pesan kematian yang ingin disampaikan si burung.

 maka Anda mesti waspada. Sebab, ada pesan kematian yang ingin disampaikan si burung.

Seperti yang diterangkan Tour Guide Taman Nasional Tanjung Puting Ria Fitria, di Sungai Sekonyer itu ada urban legend yang masih dipelihara sampai sekarang. Adalah keberadaan Burung Babat Mayat dan pesan kematian yang dibawanya.

Dalam mitos yang berkembang, ketika Anda melihat burung dengan ekor putih panjang melintas menyebrangi Sungai Sekonyer, itu berarti ada keluarga yang bakal meninggal dunia.

"Saya punya teman, dia membuktikan mitos ini. Jadi, saat itu sedang bawa tamu, dia tidak sengaja lihat Burung Babat Mayat melintasi sungai. Enggak lama setelah itu, dia dapat SMS kalau pamannya meninggal dunia," cerita Ria pada Okezone.

Ria sendiri mengaku pernah melihat burung tersebut. Tapi, saat itu dia melihat burung tidak menyebrangi sungai, melainkan dia melintas ke depan di sisi hutan yang sama. "Kalau ini tidak menandakan adanya pesan kematian dan benar, tidak ada yang meninggal," sambung Ria.

Tapi, saat itu dia melihat burung tidak menyebrangi sungai, melainkan dia melintas ke depan di sisi hutan yang sama.

Jadi, dapat dikatakan, jangan takut juga jika Anda melihat burung indah yang satu ini. Sebab, keberadaan burung ini terbilang langka dan jika berhasil melihatnya, maka jadi kebanggaan tersendiri buat Anda. Tapi ingat, berharap lihat burung ini tidak menyeberangi Sungai Sekonyer, ya.

Ria menambahkan, Burung Babat Mayat punya nama asli Asian Paradise Flycatcher. Burung ini memiliki ciri khas ekor dua panjang menjuntai dengan sedikit aksen biru di bagian dada depan. Keberadaamnya di Taman Nasional Tanjung Puting dilindungi karena terbilang burung yang mulai langka.

Nama Babat Mayat sendiri diberikan pada burung ini oleh warga Kalimantan karena pesan kematian yang dibawanya. "Jadi, babat itu membelah sungai, sedangkan mayat itu kematian. Makanya namanya Burung Babat Mayat," tambah Ria.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini