nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayuan Kain Karya Obin Hipnotis Runway JFW 2020

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 21:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 25 194 2121863 rayuan-kain-karya-obin-hipnotis-runway-jfw-2020-L3QRevoB5Q.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK akan pernah ada habisnya jika kita bicara mengenai kain Nusantara. Keindahannya sudah mendunia, kualitasnya tak ada dua. Disainer Obin pun menuangkan perasaannya di koleksi teranyar bertema 'Rayuan Kain' di JFW 2020.

Dalam suguhannya di JFW 2020, Obin yang sudah 30 tahun berkarya di industri mode tanah air dengan brand BINHouse lebih memberi penekanan pada kain Indonesia dan warnanya yang begitu indah.

Warna menjadi unsur terpenting dalam kain menurut Obin. Baginya, ketika melihat kain, warna menjadi hal pertama yang mendapat perhatian. Maka dari itu, warna kain yang mentereng menjadi statement juga di koleksi 'Rayuan Kain'.

Maka dari itu, warna kain yang mentereng menjadi statement juga di koleksi 'Rayuan Kain'.

Koleksi kali ini benar-benar merayu penonton yang hadir. Jika Obin memberi penekanan pada warna, menurut Okezone, tidak berhenti di situ saja. Dia pun cerdas menggabungkan unsur modern ke dalam koleksi kontemporernya.

Permainan tekstur yang apik bisa dilihat di beberapa koleksi barunya ini. Tidak hanya itu, penggabungan material juga menjadi daya pikat yang mampu menghipnotis siapa pun yang melihat.

Dalam keterangannya sebelum melangsungkan pagelaran, Obin menjelaskan kalau Indonesia itu dapat disatukan dengan kain. Ini bukan tanpa alasan, kita tahu bahwa banyak sekali kain di negeri ini. Bahkan hampir semua wilayah punya.

"Kain ini bisa membungkus kita semua (Indonesia). Dengan kain, kita mengenali identitas bangsa," katanya di Jakarta Fashion Week 2020.

Di koleksi 'Rayuan Kain', Obin menuangkan cintanya dalam 48 koleksi yang semuanya bisa dikatakan menarik untuk dilihat. Dia pun coba berkesplorasi dengan setiap kain yang digunakan.

Obin menuangkan cintanya dalam 48 koleksi yang semuanya bisa dikatakan menarik untuk dilihat.

Tak masalah mengenakan atasan kebaya modern dan kain dan dipadukan dengan sneakers. Pun kain kontemporer digabung dengan kain modern.

Meski ini mengenai kain Nusantara, Obin cukup terampil juga dalam mengemas keseluruhan tampilan. Ia mengubah pakaian 'tua' menjadi sesuatu yang lebih ringan nan casual.

Meski ini mengenai kain Nusantara, Obin cukup terampil juga dalam mengemas keseluruhan tampilan

Dalam secarik kertas, Obin menuliskan puisi tentang koleksinya itu.


Rayuan Kain


Warna dan coraknya membuat semua nengok.

Tekstur tenunan membalut tubuh pemakai.

Kain-kain yang menggantung membuat semua menarik napas,

Bagaikan menikmati simfoni orkestra.

Setiap helai memanggil,

Memikat dengan rayuannya.


Obin, 24 Oktober 2019.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini