nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maksimalkan Potensi Generasi Alpha, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua Milenial

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 12:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 25 196 2121545 maksimalkan-potensi-generasi-alpha-ini-yang-harus-dilakukan-orangtua-milenial-5ZvvoOQnQ7.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Pola asuh orangtua terus mengalami perubahan. Terlebih dengan adanya perbedaan zaman membuat tantangan untuk merawat anak menjadi semakin besar. Inilah yang tengah dihadai oleh para orangtua dari generasi milenial yang memilki anak dari generasi alpha.

Generasi alpha adalah generasi yang lahir di atas tahun 2010. Anak-anak dari generasi alpha sejak lahir sudah terpapar teknologi dan informasi yang cukup banyak. Hal itu membuat mereka memiliki pilihan yang beragam termasuk urusan minat.

 Ibu dan anak-anak

Di sinilah peran orangtua milenial untuk bisa benar-benar mengetahui minat anaknya dan menyediakan kebutuhan dasar agar anak bisa berkembang secara maksimal.

Minat pada anak sebenarnya dapat mulai dikenali sejak periode usia emas yakni usia 1-5 tahun. Di awal, tumbuh rasa penasaran dan ingin tahu dalam diri anak yang mendorong mereka untuk bereksplorasi.

Sebisa mungkin orangtua perlu memberikan respons yang antusias saat anak menunjukkan minatnya. Hal itu akan membuat si generasi alpha lebih semangat untuk mencari tahu dan mengeksplorasi banyak hal.

"Stimulasi yang diberikan kepada anak membuat mereka mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya menjadi lebih baik sehingga penyerapan informasinya juga lebih maksimal. Informasi yang terserap itulah yang nantinya menjadi bekal anak hingga dewasa," ujar psikolog klinis anak Kantiana Taslim saat ditemui Okezone dalam peluncuran Frisian Flag Junio, Kamis (24/10/2019), di kawasan Jakarta Timur.

 Ibu dan anak

Psikolog yang akrab disapa Nana itu mengatakan, minat anak terhadap sesuatu akan terbentuk seiring stimulasi yang diberikan orangtua. Oleh karenanya, peran orangtua sebagai support system juga harus maksimal. Selain itu, jangan lupakan aspek pemenuhan nutrisi pada anak.

"Nutrisi itu sangat penting karena gimana anak mau eksplorasi ketika kebutuhan nutrisinya kurang. Untuk bereksplorasi, anak perlu melakukan gerakan dasar seperti berjalan, duduk, dan merangkak. Mereka bisa melakukan itu apabila nutrisinya terpenuhi," imbuh Nana.

Terkait peran orangtua dalam memaksimalkan minat dan potensi generasi alpha, ada 4 langkah yang perlu diperhatikan. Pertama, memenuhi kebutuhan nutrisi harian, khususnya yang berperan dalam pembentukan otak anak.

Kedua, berikan stimulus melalui berbagai macam aktivitas, namun jangan memaksakan minat orangtua pada anak. Ketiga, mengajarkan optimisme dengan menstimulasi dan mendorong anak untuk terus mencoba.

Keempat, memberikan apresiasi terhadap usaha anak guna meningkatkan motivasi dan hindari penilaian atau melabeli karena bisa membuat anak tidak percaya diri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini