nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jurus Jitu Purwakarta Gaet Wisatawan Mancanegara

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 17:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 25 406 2121696 jurus-jitu-purwakarta-gaet-wisatawan-mancanegara-fHSY4IxBav.jpg Purwakarta gelar festival berskala internasional untuk gaet wisman (Foto : purwakartakab)

Kabupaten Purwakarta punya cara jitu untuk menggaet wisatawan Nusantara (wisnus) maupun mancanegara (wisman). Salah satunya dengan menggelar festival berskala internasional yakni, Festival Purwakarta Istimewa.

Menurut penuturan Bupati Anne Ratna Mustika, keunikan Festival Purwakarta Istimewa terletak pada temanya yang berkaitan erat dengan isu lingkungan. Selain itu, ada serangkaian acara yang bisa dinikmati para pengunjung selama festival berlangsung.

Bupati senyum

“Festival Purwakarta Istimewa untuk tahun ini sudah yang ke 10. Kita selalu mengangkat tema-tema sosial terutama yang berkaitan dengan isu lingkungan. Nah, dalam rangkaian festival tersebut ada yang namanya Festival Nyi Pohaci. Festival ini mengangkat tema untuk menyelematkan tanah-tanah produktif seperti lahan persawahan,” terang Bupati Anne Ratna Mustika, saat ditemui Okezone dalam acara Sang Pemimpin, beberapa waktu lalu.

Pemilihan tema tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga Purwakarta maupun para pengunjung dalam menjaga lingkungan. Anne mengatakan, belakangan banyak sekali lahan produktif seperti sawah yang beralih fungsi jadi lahan industri dan perumahan.

Untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga alam dan lingkungan, maka digelarkan Festival Nyi Pohaci agar generasi yang akan datang masih bisa melihat keindahan hamparan sawah hijau nan asri.

“Kita tidak mau nantinya anak-anak dan cucu kita tidak bisa lihat sawah lagi. Jadi festival ini salah satu cara untuk menyadarkan masyarakan akan pentingnya menjaga alam dan lingkungan,” kata Bupati Anne.

Istri Dedi Mulyadi ini menambahkan, Festival Budaya Nyi Pohaci juga diramaikan oleh festival kuliner dengan aneka hidangan tradisional yang lezat. Perlu diketahui, Nyi Pohaci sendiri merupakan sebutan untuk kata padi dalam Bahasa Sunda. Jadi bisa ditebak bahwa sebagian besar kuliner yang disuguhkan dalam festival ini merupakan olahan makanan berbahan dasar padi.

Simping Enak

(Foto Simping : purwakarta-tourism)

“Jajanannya berbahan dasar padi. Mulai dari opak, awuk, kemudian ada simping dan putu. Berbagai macam kuliner tersebut dibagikan secara cuma-cuma kepada 50 ribu wisatawan yang datang,” jelasnya.

Tahun depan, Festival Purwakarta Istimewa akan kembali mengangkat isu lingkungan. Sejauh ini, tema yang sudah diusulkan berkaitan erat dengan air. Anne berencana akan mengundang beberapa negara dan sejumlah provinsi di Indonesia untuk turut serta memeriahkan acara tersebut.

Festival Purwakarta

“Tahun ini hanya dihadiri beberapa provinsi dan kabupaten kota. Tahun depan Insya Allah kami bisa mengundang beberapa negara seperti tahun-tahun sebelumnya,” tukasnya.

Nah, bagi Anda yang tertarik melihat Festival Purwakarta Istimewa secara langsung, festival ini selalu digelar menyambut hari jadi Purwarkarta dan Kabupaten Purwakarta. Tepatnya sepanjang bulan Juli – Agustus.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini