nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wariskan Penanggulangan Stunting, Nila Moloek Dapat Sanjungan Terawan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 10:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 25 481 2121533 wariskan-penanggulangan-stunting-nila-moloek-dapat-sanjungan-terawan-rQgNaPZTOq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BARU menjabat sebagai Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto sudah dapat pekerjaan berat. Dia harus menurunkan angka stunting sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tak masalah buat Menkes Terawan saat menjalani tantangan kerja itu. Terlebih di era Menteri Kesehatan Kabinet Kerja Nila Faried Moeloek, angka stunting berhasil turun 10 persen.

Nila Moeloek menyatakan, selama bekerja lima tahun, angka stunting turun dari 30,8 persen menjadi 27,67 persen. Hal ini menjadi pencapaian kerja terbesarnya atas keinginan Jokowi dan target WHO.

"Saya sangat gembira, merupakan hadiah buat saya. Walaupun demikian, kita harus turun di bawah 20 persen di bawah (yang ditargetkan) WHO," ujar Nila Moeloek saat Pisah Sambut Menteri Kesehatan di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 24 Oktober 2019.

Hal ini menjadi pencapaian kerja terbesarnya atas keinginan Jokowi dan target WHO.

Diakui Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, kinerja Nila Moeloek yang bisa berhasil menurunkan angka stunting patut diapresiasi. Di era Nila Moeloek, angka stunting bahkan turun hingga 10 persen

Bukan hanya itu, ada juga berbagai program kesehatan mendasar yang berhasil dilakukan, seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Indonesia Sehat, hingga Nusantara Sehat.

"Selama lima tahun saya cermati Ibu Nila banyak menunjukkan berbagai program kesehatan mendasar. Terbukti semua dijalankan di bawah kepemimpinan ibu hasilnya sempurna," ucap Menkes Terawan.

Kini Menkes Terawan tinggal melanjutkan program kerja Nila Moeloek. Khususnya dalam menurunkan angka stunting dengan target di bawah 20 persen di tahun 2014 sesuai amanat Jokowi.

Dia mengajak koordinasi para pejabat eselon terkait di Kementerian Kesehatan untuk mewujudkan hal itu.

Dalam waktu dekat, Menkes Terawan terus menekan beberapa upaya yang menjadi langkah penting penurunan angka stunting. Dia mengajak koordinasi para pejabat eselon terkait di Kementerian Kesehatan untuk mewujudkan hal itu.

"Hasilnya tentu penekanan untuk kita bisa melakukan percepatan. Yang jelas rapat terus intensif untuk bisa kerja keras," tutur Menkes Terawan.

Selanjutnya, saat angka stunting berhasil turun, ada beberapa program kesehatan yang bisa ikut mendukung visi Jokowi. Yakni harus bisa membangun sumber daya manusia berkualitas dan unggul.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini