Jangan Keliru Ketika Berobat, Ini Macam-Macam Dokter Spesialis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 26 Oktober 2019 04:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 26 481 2121966 jangan-keliru-ketika-berobat-ini-macam-macam-dokter-spesialis-d9mzqvIIMO.jpg Ilustrasi. Foto: Parahospitals

CAKUPAN ilmu kedokteran sangat luas atau terdiri dari sejumlah spesialisasi. Saking banyaknya, ketika hendak berobat, seorang pasien terkadang keliru menentukan dokter tujuan.

Nah agar tidak bingung lagi, Okezone merangkum macam-macam dokter yang ada saat ini, Sabtu (26//10/2019). Berikut ulasannya:

1.Dokter Kandungan

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Spesialis kandungan memiliki gelar resmi Sp.OG yang berarti spesialis Obstetric (kandungan) dan Gynecology (kebidanan). Contoh tugas dokter ini yakni memeriksa kandungan semasa ibu hamil, membantu persalinan (baik normal maupun caesar), membantu pemulihan ibu hamil paska lahiran, menangani ibu yang keguguran, dan lain sebagainya.

2.Dokter Anak

Sesuai namanya, dokter anak adalah dokter spesialis anak. Semua pasien doker ini adalah anak-anak. Biasanya petugas medis yang satu ini lebih sabar menangani anak dari pada dokter lainnya. Ia bisa menenangkan psikologi anak sehingga lebih tenang ketika berobat. Ruang praktiknya juga dibuat fun, misalnya penuh gambar tokoh kartun seperti doraemon, bahkan disediakan semacam hadiah puan anak yang jadi pasiennya.

3.Dokter Gigi

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Dokter gigi bertugas untuk mengatasi segala macam jenis penyakit gigi. Mereka juga, bisa membentuk dan mempercantik tampilan gigi seseorang agar terlihat lebih baik.

Jangan kaget jika melihat ruang praktik dokter ini seperti gigi. Sebab selain peralatan medis umumnya, di dalamnya juga ada tang dan kompressor.

4.Dokter Kardiovaskular

Dokter kardiovaskular atau dokter jantung bertugas menangani masalah seputar jantung, pembuluh darah, dan pembuluh nadi. Dokter jantung biasanya memiliki banyak pasien, pasalnya penyakit jantung menjadi penyakit mematikan nomor satu di Indonesia.

5.Dokter Saraf

Dokter ini bertugas memeriksa seluruh saraf dan otot yang bermasalah dalam tubuh pasiennya. Pekerjaan sebagai dokter saraf membutuhkan ketelitian tingkat tinggi, mengingat banyak otot dan saraf-saraf halus yang gampang putus dan rusak.

6.Dokter Jiwa

Dokter ini biasanya menangani para pasien yang memiliki masalah pada kejiwaan seperti depresi, stres, bipolar, skizofrenia dan beberbagai masalah kesehatan mental lainnya.

7.Dokter Kulit dan Kelamin

Dokter kulit memiliki keahlian dalam mendiagnosis setiap penyakit yang menyerang kulit, mulai dari serangan jamur, infeksi, jerawat, dan penyakit menular lainnya. Tak hanya kulit, spesialisasi ini juga mempelajari bagaimana anatomi kelamin manusia dan segala penyakit yang menyerang organ vital tersebut.

8.Dokter Kecantikan

Spesialisasi ini lebih menekankan terhadap estetika seseorang ketimbang penyakit. Anda yang ingin cantik seperti artis Korea, jangan lupa datang ke dokter kecantikan.

9.Dokter THT

Dokter THT bertugas mendiagnosa masalah telinga, hidung dan tenggorokan. Ketiga organ tersebut dijadikan dalam satu spesialis karena memiliki keterkaitan.

Jadi ketika radang akun dan membutuhkan penanganan yang lebih dalam, maka dokter umum akan merujuknya kepada dokter THT.

10.Dokter Penyakit Dalam

Dokter ini bertugas menangani segala macam penyakit dalam seperti ginjal, hati, lambung dan lain sebagainya. Contohnya, seseorang yang kurang minum akan terkena penyakit ginjal. Nah untuk menananinya adalah dokter penyakit dalam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini