nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dapat Tas Noken, Presiden Jokowi Nikmati Senja di Papua Barat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 19:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 27 406 2122386 dapat-tas-noken-presiden-jokowi-nikmati-senja-di-papua-barat-Qls7lMcQEO.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Instagram)

PRESIDEN Joko Widodo melakukan perjalanan dinas ke Papua Barat. Di perjalanannya kali ini Jokowi ditemani Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengunjungi Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kalimana.

Agendanya ialah mendengarkan suara rakyat Papua Barat dan berinteraksi langsung dengan masyarakat asli Papua Barat. Salah satu yang menjadi sorotan ialah Jokowi meminta percepatan pembangunan di Pegunungan Arfak sehingga masyarakat di sana merasakan perubahan yang lebih positif.

Dalam keterangan media, Jokowi menceritakan dirinya harus menempuh perjalanan yang cukup rumit untuk bisa mencapai titik yang diharapkan.

Presiden Jokowi datang ke Papua dengan helikopter dari Bandara Domine Eduard Osok, Kota Sorong ke Banara Rendani, Kabupaten Manokwari dan melanjutkan perjalanan dengan helikopter ke Bandara Irai.

 Kabupaten Manokwari dan melanjutkan perjalanan dengan helikopter ke Bandara Irai.

Saat mendarat di tanah Papua Barat, Jokowi mendapat sambutan yang sangat hangat dari masyarakat di sana, bahkan dihadiahi noken khas sekitar. Dia pun menggandeng tangan anak bocah asli sana sambil tersenyum lebar ke arah masyarakat. Kemeja putih masih menjadi ciri khasnya di momen ini.

Kemudian, setelah seharian berada di Pegunungan Arfak, Jokowi dan rombongan pergi ke Kaimana untuk menikmati senja. Tidak hanya sebatas menikmati momen pergantian hari, Jokowi juga berkesempatan untuk menyapa langsung masyarakat di sana yang sudah menunggunya lama.

Jokowi bertolak ke Pegunungan Arfak dari Kabupaten Manokwari dengan menumpangi helikopter Super Puma TNI-AU, Minggu (27/10/2019). Setibanya di Pegunungan Arfak, Jokowi bertemu sekitar 3.000 warga sekitar di lapangan bola Irai. Jokowi juga diagendakan untuk meninjau Pasar Irai.

Turut mendampingi Jokowi dan Ibu Negara Iriana dalam penerbangan menuju Kabupaten Pegunungan Arfak, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Plt Kapolri Komjen Ari Dono, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Jokowi bertemu sekitar 3.000 warga sekitar di lapangan bola Irai. Jokowi juga diagendakan untuk meninjau Pasar Irai.

Jokowi dan rombongan akan kembali menumpangi helikopter Super Puma TNI AU untuk kemudian lepas landas dari Bandar Udara Irai, Kabupaten Pegunungan Arfak, menuju Bandar Udara Rendani, Kabupaten Manokwari.

Dari Kabupaten Manokwari, Jokowi akan terbang menuju Kabupaten Kaimana untuk meninjau fasilitas publik di sana. Jokowi dan rombongan akan bermalam di Kabupaten Kaimana dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Di momen itu, Jokowi berkesempatan untuk berswafoto bersama dengan masyarakat. Keindahan senja di Kaimana ini sulit untuk dijelaskan. Bukit di sisi kiri tempatnya melangsungkan acara pun memberi gambaran suasana lingkungan yang asri dan juga damai.

Selamat berpetualang di Papua Barat, Pak Jokowi!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini