nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Menkes Terawan: Masyarakat Enggak Perlu Resah

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 08:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 28 481 2122491 kenaikan-iuran-bpjs-kesehatan-menkes-terawan-masyarakat-enggak-perlu-resah-L9bQqtOvkj.jpeg

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto setuju jika iuran tarif BPJS Kesehatan dinaikkan. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris. Fahmi mengungkapkan, Menkes Terawan mendukung adanya kenaikan iuran tarif BPJS Kesehatan. Hanya saja penyampaian ke masyarakat harus perlahan-lahan.

"Secara umum Menkes Terawan mendukung, untuk prosesnya. Tapi pesannya berfokus tentang bagaimana menyampaikan ke publik. Jangan sampai pemerintah kesannya menyusahkan masyarakat. Padahal kami hadir banyak untuk masyarakat," ucap Fahmi ditemui di Gedung BPJS Kesehatan, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).

 Menkes Terawan

Dengan menaikkan iuran BPJS Kesehatan, sambung Fahmi, diharapkan pelayanan kepada masyarakat tak akan berhenti. Pemerintah akan terus hadir dalam memberikan pelayanan kesehatan, yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan masyarakat.

Menurutnya, pemerintah saat ini memberikan pelayanan kepada seluruh kalangan masyarakat, jauh lebih banyak dari yang seharusnya. Padahal tugas pemerintah hanya bertanggung jawab pada fakir miskin, TNI, dan Polri. Tapi tetap saja BPJS Kesehatan mendedikasikan kepada negara dengan membantu PBPU dan kalangan lain.

"Pemerintah tidak memberatkan masyarakat. Yang miskin tidak mampu jelas dibantu, 33 juta orang. Buruh tidak terdampak. Tinggal bagaimana ke PBPU bisa menyampaikan, kita buat narasi sejuk. Komunikasikan kepada DPR dan kita juga sampaikan rekomendasi, karena DPR tidak menolak," bebernya.

 BPJS Kesehatan

Ditegaskan Menkes Terawan, masyarakat tidak perlu khawatir akan rencana kenaikan iuran tarif BPJS Kesehatan dalam waktu dekat. Jangan pula merasa terbebani dan resah menanggapi isu ini.

"Sama DPR kan belum dibicarakan lagi. Sekarang jangan sesegara mungkin memutuskan apapun. Karena isu ini akan meresahkan masyarakat, kalau belum tentu kok sudah diungkapkan," tutur Menkes Terawan.

Untuk penentuan iuran tarif BPJS Kesehatan, Menkes Terawan akan mengkaji terlebih dahulu. Akan ada tim yang membantu untuk menyelesaikan segala permasalahan yang dialami BPJS Kesehatan.

"Kami selalu ingin membantu masyarakat supaya bisa terlayani optimal. Kita akan melakukan hal rasional dan bergerak cepat," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini