nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Sumpah Pemuda, Menkes Terawan Curhat Pertama Kali Pakai Baju Korpri

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 16:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 28 481 2122693 hari-sumpah-pemuda-menkes-terawan-curhat-pertama-kali-pakai-baju-korpri-cZMnrRlwdo.jpg Menkes Terawan (Foto : Tiara/Okezone)

Meskipun baru menjabat sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) selama beberapa hari, Letjen TNI (Purn) Dr. dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) menemukan banyak hal menarik. Salah satunya adalah pengalaman pertama mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda tanpa memakai baju seragam TNI. Hal itu diungkapkan Menkes Terawan di sela-sela kunjungan ke BKKBN.

"Saya bersyukur di Hari Sumpah Pemuda ini berbaju korpri. Saya tadi tolah-toleh diri saya betul enggak seragam saya karena baru dibelikan tadi malam jam 10 malam," ujar Menkes Terawan saat ditemui Okezone, Senin (28/10/2019) di Gedung BKKBN Pusat, Jakarta Timur.

Menkes Terawan Uye

Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu menerangkan, tadinya ia sempat ingin pergi ke Pasar Senen atau Tanah Abang seorang diri untuk mencari baju korpri. Sebab sampai pukul 20.30 malam tadi, Menkes Terawan belum memiliki baju tersebut. Namun ajudannya mengatakan ia akan mendapat baju tersebut.

"Saya ini 'kan orangnya check and recheck, perfect, saya tanya kalau nanti dapat jam berapa. Kata ajudan jam 10 (malam), tahu-tahu pagi sudah disiapkan," imbuh Menkes Terawan.

Dirinya sempat ragu apakah baju korpri yang dikenakannya cocok atau tidak.

"Tapi saya bangga jadi ASN. Senang juga, (bajunya) enak dipakai," tambahnya.

Menkes Terawan door

Selain membicarakan soal baju korpri yang baru dikenakannya, Menkes Terawan juga memperkenalkan diri secara singkat dan perjalanan kariernya hingga menjadi menteri. Dalam perkenalannya, ia mengatakan kariernya bermula dari pangkat letnan dua di bidang kesehatan lalu dilanjutkan dengan menjadi dokter pasukan di batalion hingga Kepala RSPAD Gatot Soebroto.

Menkes Terawan juga menginformasikan bila pangkat terakhirnya adalah letnan jenderal. Pangkat tersebut didapatkannya lima hari sebelum diminta menjadi menteri. Ia merasa senang mendapat pangkat letnan jenderal. "Gajinya katanya lebih gede (dari pangkat sebelumnya)," imbuhnya sambil berseloroh.

Menkes Terawan

Namun ketika Presiden Jokowi memintanya menjadi Menkes, ia langsung menerimanya.

"Jadi pas ditawarin (jadi) Menkes, saya langsung jawab iya saja, yang minta kepala negara, pimpinan negara. Saya selaku prajurit langsung siap saya terima, itu awal mula jadi Menkes," pungkas Menkes Terawan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini